Advertisement

5 Makanan Pembawa Keberuntungan saat Imlek

5 Makanan Pembawa Keberuntungan saat Imlek
Makanan pembawa keberuntungan saat Imlek (Foto : Chinesenewyear)
Editor: Dea Kuliner —Sabtu, 25 Januari 2020 15:25 WIB

Terasjabar.id - Tahun Baru Tiongkok atau Imlek menjadi perayaan paling ditunggu-tunggu bagi warga Tionghoa. Setiap tahun, Imlek dirayakan dalam jumlah besar di seluruh dunia.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh warga Tionghoa untuk diundangnya. Mulai dari menggambarkan kembang api, melakukan parade, barongsai, hingga menghias rumah dengan lampion, atau hiasan berwarna merah dan emas.

Tahun Baru Cina akan berlangsung selama 15 hari selesai dan berakhir dengan Festival Lentera. Persiapan Tahun Baru Cina dilakukan berminggu-minggu sebelumnya untuk memastikan tahun baru yang disetujui dengan Kemakmuran.

Tidak hanya menyiapkan hiasan, mereka juga menyajikan berbagai makanan lezat pembawa Keberuntungan di meja makan. Kemudian, makanan tersebut disantap bersama keluarga.

Lantas, apa saja makanan pembawa yang tersaji saat Imlek? Berikut ulasannya dikutip dari inews.id, pada Sabtu (25/1/2020).

Ikan

Dalam bahasa Tiongkok, ikan (é ± ¼ Yú / yoo /) terdengar seperti 'surplus'. Ikan juga menjadi sajian tradisional di Tahun Baru China. Biasanya, menu yang dipilih untuk hidangan perayaan ini adalah ikan kukus. Jenis-jenis ikan yang membawa Perayaan menurut tradisi Tionghoa adalah bandeng, gurame dan lele.

Mi

Tak diterima mi, hidangan untuk Tahun Baru Imlek yang populer adalah mi berumur panjang. Sesuai namanya, hidangan ini melambangkan keinginan untuk berumur panjang. Mi ini lebih panjang dari mi normal dan tidak dipotong, baik digoreng dan disajikan di atas piring, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk dengan kaldu.

Pangsit

Memiliki nilai sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit adalah makanan Tionghoa klasik dan hidangan tradisional yang dimakan pada Malam Tahun Baru China. Legenda mengatakan, semakin banyak pangsit yang Anda makan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan di tahun tersebut.

Untuk spesial Tahun Baru, pangsit dibentuk oval menyerupai perahu. Umumnya pangsit terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis.

Kue Beras Ketan

Kue beras ketan adalah resep tradisional Tahun Baru China. Dalam bahasa Cina, kue beras ketan terdengar seperti 'semakin tinggi, tahun demi tahun'. Artinya, mereka yang mengonsumsi kue beras ketan di perayaan Tahun Baru akan memeroleh kedudukan yang lebih tinggi atau lebih tinggi daripada bisnis yang lebih makmur. Bahan utama untuk hidangan ini adalah ketan, gula, cokelat, kurma China, dan daun teratai.

Lumpia

Lumpia atau lumpia merupakan makanan tradisional Cina yang dihidangkan di perayaan-perayaan seperti Festival Musim Semi dan Tahun Baru. Mengapa membawa keberuntungan? Warna lumpia yang dibuat cokelat keemasan membawa arti kemakmuran.

5 Makanan Pembawa Keberuntungan saat Imlek


Related Post


 


Loading...