Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara, Suspect Pneumonia akibat Virus Corona Belum Ditemukan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara, Suspect Pneumonia akibat Virus Corona Belum Ditemukan
(iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 24 Januari 2020 16:52 WIB

Terasjabar.id - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan menegaskan belum ada laporan ditemukan kasus suspect pneumonia hingga 20 Januari 2020. Baik di wilayah Sumut maupun halnya secara nasional.

Untuk pencegahan, dinkes telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia dari Tiongkok. Surat Edaran tersebut bernomor: 443.1/485/Dinkes/I/2020 yang ditandatangani Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dan dikeluarkan sejak 10 Januari 2020.

Sekretaris Dinkes Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan, SE ini menindaklanjuti edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Nomor : PM.04.02/III/43/2020 tanggal 5 Januari 2020 itu tentang Kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia berat yang belum diketahui etiologinya.

“Kami sudah keluarkan edaran untuk pencegahannya,” ujar Aris, Kamis (23/1/2020).

Dia menjelaskan, Novel Corona Virus (nCoV) merupakan virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Tiongkok mengidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tersebut sebagai jenis baru nCoV.

Rekomendasi WHO untuk kegiatan surveilans nCOV yang terjadi di Wuhan, Tiongkok akan terus diperbaharui apabila ada informasi penting lainnya. Adapun pedoman sementara untuk surveilans nCoV, mengacu pada pedoman Middle East Respiratory coronavirus (MERS-CoV) dan akan diupdate secara berkala.

Tujuan utama dari surveilans yakni mendeteksi adanya kasus yang terinfeksi nCoV serta adanya bukti yang memperkuat penularan dari manusia ke manusia. Kemudian untuk menentukan faktor dan wilayah berisiko terhadap penularan virus.

Saat ini masih diperlukan investigasi untuk menentukan karakteristik klinis utama infeksi nCoV, seperti masa inkubasi, spektrum penyakit dan perjalanan klinisnya. Termasuk karakteristik epidemiologi penularan nCoV, seperti sumber, faktor risiko dan cara penularan. Disadur dari iNews.id

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara Kasus Suspect Pneumonia


Loading...