VIRAL VIRUS CORONA - Singapura Malah Lebih Anjurkan 'Masker Ojol' Untuk Tangkal Virus Corona

VIRAL VIRUS CORONA - Singapura Malah Lebih Anjurkan 'Masker Ojol'  Untuk Tangkal Virus Corona
Apahabar.com
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 24 Januari 2020 16:07 WIB

Terasjabar.id - Masker N95 diketahui lebih ampuh menyaring partikel agar tak masuk pernapasan. Namun terkait pencegahan virus corona, Kementerian Kesehatan Singapura malah lebih menganjurkan masker 'ojol'.

Masker bedah, yang di Indonesia sangat populer kalangan ojek online sehingga disebut juga 'masker ojol', dinilai lebih praktis digunakan oleh masyarakat umum. Masker tersebut dinilai mampu menyaring partikel berukuran besar dan droplet (bercak dahak) agar tidak masuk pernapasan.

Masker N95 sebetulnya punya kemampuan yang lebih baik dalam menyaring partikel. Di Singapura, masker jenis ini digunakan ketika terjadi 'kabut asap', istilah populer untuk asap kebakaran hutan.

"Jika kamu pakai N95 dan bisa bernapas dengan mudah dan nyaman, kamu memakainya salah dan tidak berguna. Kamu pikir terlindungi, padahal tidak," kata Leo Yee Sin dari National Centre for Infectious Diseases Kementerian Kesehatan Singapura, dikutip dari Straits Times.Namun kekurangannya, masker N95 sangat ketat dan membuat pemakainya susah bernapas ketika digunakan dengan benar.

Soal ketidaknyamanan menggunakan masker N95 juga disinggung ahli pernapasan dari RS Persahabatan, dr Diah, SpP. Menurutnya, masker N95 harus digunakan dengan benar agar efektif, yang artinya memang membuat pemakainya merasa kurang nyaman.

"Kalau nggak nyaman, malah buka pasang juga," katanya.

Menurut dr Diah, masker N95 lebih dibutuhkan pada kondisi 'high risk'. Artinya, dipakai dalam situasi memang ada kasus yang terkonfirmasi, berada di lingkungan dengan sirkulasi udara terbatas, atau berdekatan dengan pasien.


(up/up/Detik)


Virus China SARS Corona AS Gejala Virus Corona Wuhan Masker Ojol


Loading...