Baru Mendarat, Jemaah Umrah Lalui Body Thermal Scanner Bandara Kertajati untuk Antisipasi Virus Corona

Baru Mendarat, Jemaah Umrah Lalui Body Thermal Scanner Bandara Kertajati untuk Antisipasi Virus Corona
TATI PURNAWATI/KC
Editor: Admin Hot News —Jumat, 24 Januari 2020 07:46 WIB

Terasjabar.id - Munculnya virus corona yang belakangan dikabarkan telah mewabah di Wuhan, Tiongkok, memicu Angkasa Pura II bekerja sama dengan Kantor Kesehatan pelabuhan kelas II Bandung, memasang dua unit Body Thermal Scanner  di  Bandara Kertajati.

Alat itu berguna mengecek kondisi suhu tubuh mereka yang baru pulang dari luar negeri.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com, ada sebanyak 139 orang jemaah umrah yang baru pulang menunaikan ibadah, dan melakukan penerbangan dari Jeddah menuju Bandara Kertajati, pada Kamis, 23 Januari 2020.

Dari jumlah jemaah tersebut keseluruhannya dinyatakan sehat dengan suhu tubuh rata-rata 32-34 derajat Celcius.

Nanang Lioncu, petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung mengatakan, pihaknya telah memasang dua unit Body Thermal Scaner  yang bisa mendeteksi dini tentang suhu tubuh manusia dengan alat tersebut.

“Alat ini mendeteksi suhu panas 38 derajat celcius keatas,” ucapnya.

Menurutnya, jika ada yang terdeteksi memiliki suhu diatas 38 derajat Celcius, petugas akan segera melakukan pemeriksaan, serta dilakukan observasi dan mengkarantina korban dengan masa observasi selama kurang lebih 14 hari.

Virus tersebut sebetulnya biasa menyerang hewan, namun lambat laun virus kini dikabarkan telah menyerang atau berevolusi serta menyebar kepada manusia.

Ini pula yang dilakukan pencegahan terhadap mereka yang baru bepergian dari Luar Negeri.

Eksekutif General Manajer Angkasa Pura II Iboet Astono mengungkapkan, pemasangan Body Thermal Scanner  dilakukan sebagai pencegahan terhadap munculnya penyakit pnemonia akut yang bekalangan menyerang manusia.

“Untuk kami bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, ini untuk yang ketiga kalinya melakukan pemeriksaan terhadap mereka yang baru bepergian dari Luar Negeri, hasilnya saat ini semua masih batas normal,” kata Iboet.

Baru Mendarat Jemaah Umrah Lalui Body Thermal Scanner Bandara Kertajati untuk Antisipasi Virus Corona


Loading...