Sempat Viral, Ganjar Pranowo Usulkan Keraton Agung Sejagat Jadi Desa Wisata

Sempat Viral, Ganjar Pranowo Usulkan Keraton Agung Sejagat Jadi Desa Wisata
Sempat Viral, Ganjar Pranowo Usulkan Keraton Agung Sejagat Jadi Desa Wisata
Editor: S.N.A Teras Viral —Kamis, 23 Januari 2020 16:11 WIB

Terasjabar.id - Proyek revitalisasi Monumen Nasional (Monas) yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI tengah menjadi sorotan. Pasalnya sebagai cagar budaya, Monas tidak bisa diperlakukan secara sembarangan untuk pembangunan tertentu.

Dilansir dari WowKeren, epala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menyebut bahwa tidak semua kawasan Monas merupakan cagar budaya. Menurutnya, hanya Tugu Monas saja yang masuk ke dalam kategori cagar budaya.

"Yang masuk cagar budaya itu tugu Monas nya. Bukan kawasan Monas-nya," kata Cucu dilansir CNN Indonesia, Kamis (23/1). Oleh sebab itu, revitalisasi Monas seharusnya tidak menjadi permasalahan. Sebaliknya, Pemprov DKI telah memiliki kewenangan untuk mengelola kawasan tersebut.

Dengan kata lain, selama proyek revitalisasi tidak mengganggu tugu Monas maka tidak ada yang salah. "Ya enggak masalah (revitalisasi) selama enggak ganggu tugu Monas-nya," tegas Cucu.

Sebelumnya, pihak DPRD DKI meminta agar revitalisasi Monas ditunda. "Dihentikan sementara sampai dengan ditemukannya aturan yang berlaku," kata Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmuda di Jakarta, Rabu (22/1).

Dalam Keputusan Presiden (Keppres) nomor 25 tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah Daerah Khusus Ibukota, dijelaskan bahwa setiap perubahan harus atas seizin Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

"Mau ada Keppres, Pergub, Perda selagi Keppres belum direvisi ya ini harus ditaati dong," kata Ida. "Jangan ada kegiatan dulu. Kalau Pemda saja melanggar bagaimana masyarakat mau bangun rumah."

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, mengatakan akan memanggil SKPD terkait. Pasalnya, Monas masih dianggap sebagai cagar budaya yang tidak boleh sembarangan dibangun ini itu.

"Saya akan minta Komisi D untuk memanggil SKPD terkait," tegas Prasetio, Senin (20/1). "Karena cagar budaya tadi, Monas tidak bisa sembarang diperlakukan, untuk bangun ini-itu."

Sempat Viral Ganjar Pranowo Usulkan Keraton Agung Sejagat Jadi Desa Wisata


Loading...