Advertisement

Enggak Harus Menguras Kantong, Ini 8 Destinasi Liburan Yang Menarik Dikunjungi Saat Imlek

Enggak Harus Menguras Kantong, Ini 8 Destinasi Liburan Yang Menarik Dikunjungi Saat Imlek
Editor: S.N.A Yuk Piknik —Rabu, 22 Januari 2020 19:13 WIB

Terasjabar.id - Tahun ini, perayaan Imlek jatuh pada tanggal 25 Januari mendatang. Momen Imlek sendiri merupakan salah satu perayaan yang paling dinantikan oleh masyarakat Tionghoa. Karena itulah, setiap tahunnya Imlek dirayakan dengan cukup meriah dengan menampilkan beragam pertunjukan berbau Tiongkok.

Apalagi kini perayaan Imlek sudah masuk dalam deretan hari libur nasional dalam Kalender Indonesia. Jatuh pada hari Sabtu, libur Imlek tahun ini akan terasa lebih panjang.

Dilansir dair Wowkeren.com, Berikut destinasi yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga :

1. Kunjungi Kelenteng Sam Poo Kong Di Semarang Untuk Menghabiskan Waktu Libur Imlek


Kunjungi Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang untuk Menghabiskan Waktu Libur Imlek

Destinasi liburan menarik pertama yang bisa kamu kunjungi saat Imlek adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Kelenteng ini bahkan menjadi salah satu kebanggan dari masyarakat di Kota Semarang. Selain karena arsitektur khas Tionghoa yang dimilikinya, kelenteng ini konon pernah jadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, penjelajah asal Tiongkok yang beragama Islam.

Saat tiba di sana, kamu akan menemukan beberapa spot foto yang didesain seperti yang ada di Negeri Tirai Bambu. Bahkan di kelenteng ini juga disediakan pakaian ala prajurit Tiongkok. Untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2020, pemerintah Kota Semarang mengadakan serangkaian acara di kelenteng tersebut. Di antaranya adalah festival Cap Go Meh yang menjadi perayaan etnik warga Tionghoa. Tertarik untuk berkunjung?

2. Bingung Ingin Berlibur Ke Mana Saat Imlek? Datangi Saja Pasar Imlek Semawis Di Semarang


Bingung Ingin Berlibur Ke Mana Saat Imlek? Datangi Saja Pasar Imlek Semawis di Semarang

Masih dari Semarang, destinasi liburan berikutnya yang menarik dikunjungi saat Imlek adalah Pasar Imlek Semawis. Di pasar ini kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan khas Tiongkok seperti permainan toya dan aksi beladiri wushu. Di pasar ini pula kamu bisa mencicipi aneka makanan khas Tiongkok seperti bakmi, babat gongso dan kuliner yang mengandung babi.

Tidak hanya itu, sebab kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan Barongsai dan pertandingan Xiang Qi. Perlu diketahui bahwa Xiang Qi bukan hanya olahraga, tapi juga merupakan budaya yang diwariskan secara turun temurun selama lebih dari 3 ribu tahun.

3. Habiskan Waktu Libur Imlek Di Singkawang, Kota Seribu Kelenteng


Habiskan Waktu Libur Imlek di Singkawang, Kota Seribu Kelenteng

Singkawang yang berada di Kalimantan Barat dikenal sebagai kota seribu kelenteng. Hal ini dikarenakan Singkawang memiliki banyak kelenteng dan wihara yang cukup ikonik. Karena kental dengan akulturasi budaya Tionghoa, Singkawang bisa jadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu libur Imlek. Apalagi kota ini dikenal sebagai lokasi penyelenggaran Festival Cap Go Meh terbesar di Indonesia.

Menariknya, perayaan Imlek tidak tertutup hanya untuk etnis Tionghoa, namun untuk wisatawan umum dari berbagai suku bangsa. Jika pergi di sana, salah satu wihara yang wajib kamu datangi adalah Tri Dharma Bumi Raya. Pasalnya kuil ini merupakan yang tertua di Singkawang dan dibangun pada tahun 1878 silam. Wihara ini pernah terbakar pada tahun 1930, namun patung Tua Pek Kong dan istrinya berhasil diselamatkan dan kini jadi ikon di wihara tersebut.

4. Kawasan Petak Sembilan Di Jakarta Jadi Salah Satu Destinasi Liburan Yang Menarik Saat Imlek


Kawasan Petak Sembilan di Jakarta Jadi Salah Satu Destinasi Liburan yang Menarik Saat Imlek

Kawasan Petak Sembilan yang terletak di Glodok, Jakarta Barat, dikenal sebagai salah satu daerah yang kental dengan budaya Tionghoa. Pasalnya warga yang tinggal di kawasan tersebut mayoritas keturunan Tionghoa. Karena itulah saat perayaan Imlek tiba, ada banyak warga Jakarta yang menyaksikan aktivitas sembahyang di Kelenteng Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan. Sehingga kelenteng ini dikenal sebagai salah satu pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta.

Di kawasan tersebut kamu akan menyaksikan nuansa warna merah yang lekat dengan berbagai ornamen Imlek. Mulai dari lampion, lilin hingga lukisan bergambar ikan. Selain itu, di kawasan tersebut juga biasa diselenggarakan festival pecinan yang menampilkan pertunjukan etnis Tionghoa seperti barongsai. Bagaimana, tertarik datang ke sana saat Imlek?

5. Mendatangi Kelenteng Dewi Kwan Im Di Belitung Bisa Jadi Pilihan Tepat Saat Liburan Imlek


Mendatangi Kelenteng Dewi Kwan Im di Belitung Bisa Jadi Pilihan Tepat Saat Liburan Imlek

Jika kamu berdomisili atau sedang berlibur di Belitung, tidak ada salahnya untuk mampir ke Kelenteng Dewi Kwan Im. Bangunan ini disebut-sebut telah berusia hingga dua abad lamanya atau tak kurang dari 266 tahun dan pertama kali ditemukan pada tahun 1747. Menurut kisah yang beredar di masyarakat, Dewi Kwan Im konon pernah bersembahyang di Kon Im, salah satu tempat sembahyang terbesar di sana.

Tapi untuk kesana kamu harus tahan secara fisik. Sebab kamu harus menaiki 86 anak tangga untuk mencapai tiga tempat sembahyang, yakni Shimunyo, Sitiyamuni dan Kon Im. Saking ikoniknya, tempat ini biasanya akan dipadati oleh ratusan warga Belitung saat perayaan Tahun Baru Imlek maupun ketika Hari Raya Waisak tiba.

6. Liburan Imlek Bingung Mau Kemana? Pergi Ke Solo Saja Untuk Menyaksikan Grebeg Sudiro


Liburan Imlek Bingung Mau Kemana? Pergi ke Solo Saja untuk Menyaksikan Grebeg Sudiro

Etnis Tionghoa yang berdomisili di Solo mulai berani dalam mengekspresikan diri setelah terjadinya reformasi 1998. Salah satunya adalah merayakan Imlek dengan melakukan tradisi Gebeg Sudiro yang cukup unik. Tradisi ini dilaksanakan oleh etnis Tionghoa di Sudiroprajan dengan mengadopsi perayaan Grebeg Gunungan Kasunanan Surakarta.

Puncak dari tradisi ini adalah rebutan hasil bumi dan makanan. Sedangkan simbol dari tradisi ini adalah kerja keras. Karena itulah jika seseorang ingin mendapatkan sesuatu, maka dia harus bekerja keras untuk mendapatkannya. Dalam tradisi Jawa, rebutan makanan mengandung makna yakni "Orang yang tidak berusaha, maka tidak akan bisa hidup berkecukupan". Dan meski tradisi Imlek di Solo diwarnai dengan adat Jawa, nuansa Tionghoa di sana tetap terasa, apalagi menjelang malam hari.

7. Kelenteng Hong Tiek Hian, Destinasi Liburan Yang Menarik Didatangi Saat Imlek


Kelenteng Hong Tiek Hian, Destinasi Liburan yang Menarik Didatangi Saat Imlek

Destinasi lainnya yang menarik dikunjungi saat Imlek adalah Kelenteng Hong Tiek Hian yang terletak di Surabaya. Kelenteng yang juga dikenal dengan Kelenteng Jalan Dukuh ini menjadi pusat perayaan Imlek bagi etnis Tionghoa di Kota Pahlawan. Selain itu, kelenteng tertua di Surabaya ini juga dikenal sebagai tempat ibadah Tri Dharma, yang artinya untuk penganut kepercayaan Konghucu, Tao dan Buddha (Mahayana).

Jika sedang di Surabaya saat Imlek, destinasi lain yang wajib kalian kunjungi adalah Kya-Kya Kembang Jepun, salah satu surganya kuliner di Surabaya. Pasar malam di kawasan Pecinan ini selalu diramaikan oleh pengunjung dan hiasan berwarna merah. Selain itu, kamu juga akan mudah menemukan jajanan khas Surabaya bahkan kuliner khas mancanegara di kawasan ini.

8. Ingin Menyaksikan Pesta Lampion Saat Imlek? Pergi Berlibur Ke Palembang Saja


Ingin Menyaksikan Pesta Lampion Saat Imlek? Pergi Berlibur ke Palembang Saja

Palembang adalah destinasi lainnya yang menghadirkan wisata menarik saat Imlek karena kamu bisa menyaksikan pesta lampion di sana. Untuk itu, kamu harus datang ke kawasan Pecinan Dempo. Selain pertunjukan lampion, kamu juga bisa menikmati pertunjukan barongsai di sana. Destinasi berikutnya di Palembang yang menghadirkan pesta lampion adalah Kelenteng Dewi Kwan Im. Di tempat ini, kamu bisa melihat lampion yang bertebaran sebagai hiasan Imlek.

Selain itu, jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Kemaro. Saat Imlek, pulau ini selalu dihiasi oleh berbagai pernak-pernik Imlek. Menariknya, pulau ini terkenal dengan kisah cinta legendaris yang selalu menarik perhatian wisatawan. Karena itulah ada banyak suku Tionghoa yang datang ke tempat ini untuk berdoa meminta jodoh. Nah, jika kamu juga segera menginginkan pasangan, tidak ada salahnya untuk berkunjung dan berdoa di tempat ini.

Enggak Harus Menguras Kantong Ini 8 Destinasi Liburan Yang Menarik Dikunjungi Saat Imlek


Related Post


 


Loading...