Musim Hujan, Pengendara yang Lalui Jalur Puncak Diimbau Hati-hati, di Beberapa Titik Rawan Longsor

Musim Hujan, Pengendara yang Lalui Jalur Puncak Diimbau Hati-hati, di Beberapa Titik Rawan Longsor
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Editor: Malda Hot News —Rabu, 22 Januari 2020 09:00 WIB

Terasjabar.id - Di musim hujan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengimbau pengendara yang melintasi jalur Puncak agar selalu waspada.

Ini karena di sejumlah titik di jalur tersebut rawan terjadi longsor.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan.

Ia mengatakan, sepanjang bulan ini sudah terjadi lima kali longsor di sejumlah titik di jalur Puncak.

"Namun, hanya longsoran kecil, tidak sampai mengganggu jalan dan arus kendaraan. Korban juga nihil," kata Irfan kepada Kompas.com, Selasa (21/01/2020).

Namun, kewaspadaan tetap harus diperhatikan, mengingat intensitas hujan yang tinggi di kawasan Puncak rentan memicu longsor, termasuk pohon tumbang.

"Pohon tumbang sudah beberapa kali terjadi di jalur puncak, seperti yang terjadi di daerah Cugenang dan Cibeureum, beberapa waktu lalu," kata dia.

BPBD Cianjur sendiri telah melaporkan hasil asesmen ke instansi terkait, perihal keberadaan sejumlah pohon kakija (kanan-kiri jalan) di jalur Puncak yang rawan tumbang.

"Informasi yang kita terima, beberapa sudah ada yang ditebang oleh pihak DLH, selaku pihak yang berkompeten," ucap Irfan.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, mengatakan, sedikitnya terdapat empat titik rawan longsor di sepanjang jalur Puncak.

"Termasuk spot-spot yang pernah longsor sebelumnya, terus kami pantau," kata Juang, Selasa.

Pihaknya juga telah melakukan langkah-langkah nyata di bidang lalu lintas dengan membuat konten-konten peringatan dan imbauan, yang disebarluaskan kepada masyarakat, termasuk pengguna jalan.

"Kordinasi dengan BPBD dan Basarnas juga terus, sehingga kalau terjadi apa-apa (bencana) bisa langsung bergerak," ucapnya.

Selain itu, patroli di tingkat muspika, patroli Sabhara dan lalu lintas juga terus ditingkatkan, termasuk komunikasi dengan sejumlah senkom (sentra komunikasi).

"Intinya, semua aspek kami perhatikan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi dan ancaman bencana, termasuk di jalur Puncak," kata Juang.

(Tribunjabar.id)


Musim Hujan Puncak Longsor


Loading...