Bendungan Watu Purbo di Sleman Miliki Keindahan Luar Biasa

Bendungan Watu Purbo di Sleman Miliki Keindahan Luar Biasa
Bendungan Watu Purbo terlihat indah (Foto : Instagram)
Editor: Admin Yuk Piknik —Senin, 20 Januari 2020 16:54 WIB

Terasjabar.id - Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak destinasi menarik untuk dieksplor. Terutama jika Anda singgah ke Sleman. Kabupaten yang berada di DIY ini memiliki satu objek wisata yang sedang viral di kalangan wisatawan.

Dilansir dari inews.id, objek wisata tersebut bernama Bendungan Watu Purbo. Bendungan ini memiliki struktur bertingkat-tingkat. Aliran airnya mengalir di dam bertingkat.

Terlihat indah menyerupai air terjun (grojogan). Tempat ini terkenal juga dengan sebutan Grojogan Watu Purbo. Terletak di Desa Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Grojogan Watu Purbo merupakan aliran sungai Krasak yang dibendung dengan dam. Kali Krasak merupakan sungai yang memiliki aliran material Gunung Merapi. Maka itu, sungai ini dibangun menjadi dam bertingkat-tingkat.

"Grojokan Watu Purbo, aliran sungai besar yang terbentuk dari 6 dam berurutan. Setiap dam-nya mempunyai ketinggian 3 sampai 7 meter. Musim penghujan, debit air besar menambah pesona Grojokan watu purbo. Namun, diimbau hati hati jika turun untuk waspada Banjir," tulis Instagram @jogjakuwisataku, Senin (20/1/2020).

Pemandangan alam di Bendungan Watu Purbo terlihat indah. Aliran sungai besar yang terbentuk dari enam dam berurutan, sehingga tercipta air terjun yang terlihat sangat tinggi dan luas.

Pada setiap dam memiliki ketinggian sekitar 3 - 7 meter. Jika musim hujan tiba, alirannya menjadi begitu deras dan indah.

Wisatawan yang berwisata ke tempat ini kerap berswafoto dengan latar air sungai yang mengalir. Tidak ada banyak spot foto Instagramable yang dibuat. Anda hanya bisa berfoto dengan pemandangan alami.

Tempat ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Anda hanya mengambil rute ke arah utara, Tempel Turi Sleman. Bagaimana, tertarik menjelajahi Bendungan Watu Purbo yang sedang viral?

Bendungan Watu Purbo di Sleman Miliki Keindahan Luar Biasa


Loading...