Siswa SD, SMP, dan SMA Cimahi Bawa Tempat Makan dan Minum Sendiri, Produksi Sampah Berkurang Drastis

Siswa SD, SMP, dan SMA Cimahi Bawa Tempat Makan dan Minum Sendiri, Produksi Sampah Berkurang Drastis
ilustrasi bekal makanan
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Senin, 20 Januari 2020 16:14 WIB

Terasjabar.id - Sebagai upaya mengurangi produksi sampah terutama sampah plastik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mensosialisasikan penggunaan tempat makan dan tempat minum sendiri di kalangan pelajar.

Meskipun belum semua pelajar dari 102 SD, 13 SMP, dan 6 SMA di Kota Cimahi, namun sudah ada beberapa sekolah yang konsisten menerapkan program penggunaan tempat makan dan minum (tumbler) tersebut.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny, mengatakan penggunaan tempat makan dan minum yang tidak sekali pakai itu mampu mengurangi produksi sampah di lingkungan sekolah dari 38 kilogram menjadi hanya 5 kilogram.

"Salah satu yang sudah konsisten itu SDN Cimahi Mandiri 1. Sebelumnya mereka menghasilkan sampah 38 kilogram, tapi setelah siswanya membawa misting dan tumbler, itu hanya jadi 5 kilogram sehari," ujar Ronny saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (20/1/2020).

Normalnya, dari total 56 ribu orang pelajar di Kota Cimahi, produksi sampah yang dihasilkan bisa mencapai 10 ton setiap harinya.

Jika semua sekolah di Cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 56.000 orang mampu menerapkan program tersebut, minimal bakal ada pengurangan produksi sampah hingga 2,6 ton.

"Hitungan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk sekolah itu 0,2 kg sampah perorang dikalikan 56 ribu siswa. 10 ton normalnya per hari. Kalau membawa tempat makan dan minum sendiri, bisa ditekan sampai 7 ton produksi sehari," tuturnya.

Pelajar diharapkan bisa menjadi pemicu pengurangan sampah sejak dari rumah hingga diikuti oleh orangtuanya, guru di sekolah, dan masyarakat umum.

"Lebih banyak dan dibarapkan bisa jadi pemicu. Targetnya semua sekolah bisa tersasar tahun ini. Kita kumpulkan kelala sekolah dan kerjasama dengan Dinas Pendidikan agar bisa diintensifkan," tegasnya.

(SDK)

Siswa SD SMP dan SMA Cimahi Bawa Tempat Makan dan Minum Sendiri Produksi Sampah Berkurang Drastis


Loading...