Bupati Bandung Barat Tolak Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg

Bupati Bandung Barat Tolak Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. Foto/Dok/SINDOnews
Editor: Admin Teras KBB —Senin, 20 Januari 2020 14:25 WIB

Terasjabar.id - Rencana pencabutan subsidi elpiji 3 kg oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ditolak oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. Bupati menilai pencabutan elpiji bersubsidi itu membebani masyarakat kurang mampu dan belum tentu program konversi penggantinya efektif menjangkau ke seluruh masyarakat yang membutuhkan.

"Kalau subsidi dicabut berarti harga elpiji 3 kg jadi mahal, kasihan masyarakat. Saya tidak setuju rencana pencabutan subsidi itu," tegas Aa Umbara saat ditemui di sela pembangunan tanggul penahan banjir di Kompleks Cimareme, yang dilansir dari sindonews.com, Senin (20/1/2020).

Dia menilai masyarakat kurang mampu di KBB masih banyak, bahkan kuota elpiji 3 kg yang ada masih kurang. Itu yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah pusat sebelum kebijakan ini benar-benar direalisasikan pada awal semester II 2020.  "Kebijakan elpiji subsidi 3 kg ini kan sudah berjalan, masyarakat juga nyaman jadi sebaiknya tidak diganti pola baru,” ujarnya.

Dia mengatakan, konversi pengganti dengan uang bagi masyarakat kurang mampu juga dinilai belum tentu efektif, karena bisa saja dibelikan untuk keperluan lain. “Kalau dikasih uang langsung ke masyarakat bisa saja dibelikan untuk kebutuhan lain, walaupun di sisi lain saya sepakat bahwa penerima gas 3 kg ini harus tepat sasaran," ucapnya.

Bupati Bandung Barat Tolak Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg KBB


Loading...