Sopir Bus Yang Meninggal Pada Kecelakaan Maut di Subang Meniggalkan 6 Orang Anak

Sopir Bus Yang Meninggal Pada Kecelakaan Maut di Subang Meniggalkan 6 Orang Anak
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 20 Januari 2020 08:03 WIB

Terasjabar.id - Kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat, Sabtu (18/1/2020) sore mengakibatkan 8 orang meninggal dunia.

Satu di antaranya sopir bus bernama Dede Purnama.

Bus bus PO Purnama Sari bernomor polisi E 7508 W yang mengakut 59 penumpang tersebut terguling saat melintas di Turunan Palasari, Kampung Nagrog, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Para penumpang merupakan rombongan wisatawan asal Depok yang baru saja berwisata ke Gunung Tangkuban Parahu.

Pada hari Minggu (19/1/2020), polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kecelakaan maut tersebut.

Dalam olah TKP ini, polisi menandai jalan dengan garis berwarna putih sebagai tanda awal kejadian tersebut terjadi atau saat pertama kali bus oleng hingga terbalik dan menyebabkan 8 penumpang meninggal dunia.

Di lokasi bus terguling tampak puing-puing bus masih berserakan.

Petugas polisi pun harus membersihkan sisa pecahan kaca dan sebagainya.

Sopir tinggalkan 6 Orang Anak

Almarhum Dede Purnama merupakan warga Kampung Cikuda, Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Saat ini, jasad Dede Purnama telah dimakamkan oleh keluarganya di Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) yang berlokasi tak jauh dari rumahnya.

Almarhum Dede Purnama (41) korban kecelakaan maut asal Kampung Cikuda, RT 35/16, Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor dimakamkan, Minggu (19/1/2020).
Almarhum Dede Purnama (41) korban kecelakaan maut asal Kampung Cikuda, RT 35/16, Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor dimakamkan, Minggu (19/1/2020). (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Sopir bus Dede Purnama yang membawa rombongan wisata Gunung Tangkuban Parahu itu meninggalkan anak dan istrinya untuk selama-lamanya.

Dede Purnana memiliki enam orang anak dan seorang istri.

Ke-enam orang anaknya kini menjadi yatim setelah sang ayah Dede Purnama meninggal dunia dalam kecelakaan maut saat mengendarai bus.

Tak hanya itu, almarhum Dede Purnama pun saat ini meninggalkan anak-anaknya yang masih sekolah.

Bahkan, anak bungsu Dede Purnama ada yang masih bayi.

"Almarhum (Dede Purnama) meninggalkan 6 orang anak. Paling tua sudah SMA. Satu bayi umur 4 bulan yang paling kecil," ungkap Risa ibunda Dede Purnama.

Dikenal Sosok Pekerja Keras

Almahum Dede Purnama (41) sopir bus pariwisata PO Purnama yang tewas dalam kecelakaan dikenal sebagai sosok pekerja keras.

Saat masih sekolah, almarhum Dede Purnama pernah berjualan kantong plastik di pasar.

"Dia orangnya pekerja keras, sekolah dia sambil manggul termos jualan es, pulang sekolah ke Cibinong jualan plastik, orangnya pekerja keras pegang apa aja mau," kata Risa (63) ibunda Dede Purnama.

Selain itu, kata dia, almarhum Dede Purnama merupakan tulang punggung keluarga yang selama ini membiayai 6 orang anaknya beserta seorang istri dengan penghasilan sebagai sopir bus pariwisata.

Ikuti Jejak Ayah

Dede Purnama tertarik menjadi sopir bus lantaran mengikuti jejak ayahnya.

Di kampung halamannya, Dede dikenal sebagai keluarga yang hampir semuanya berprofesi sebagai sopir bus pariwisata.

"Udah lulus SMP dia mulai ikut jadi kernet, kan bapaknya sopir bus, dia ngikut-ngikut, bapaknya dulu narik bus juga. Udah 10 tahun lebih dia nyupir," kata sang ibunda kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (19/1/2020).

Diduga Rem Blong

Dirgakum Korlantas Polri, Brigjen Pol Kushariyanto mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan awal pihaknya tidak menemukan bekas rem sama sekali di jalan atau di sekitar lokasi kejadian tersebut.

"Dugaan sementara tidak ada upaya pengereman (dari sopir), jadi kemungkinan remnya blong," ujar Brigjen Pol Kushariyanto saat ditemui di lokasi kejadian mengutip Tribun Jabar.

Menurutnya, sopir bus tersebut sudah terbiasa melewati jalan yang cukup curam dan berkelok ini, sehingga sopir dipastikan sudah hafal betul kontur jalan di Turunan Palasari ini.

  

"Nah ini, jadi ada apa dengan sopir, biar nanti proses penyelidikan lebih lanjut yang akan mengungkap kasus kecelakaan ini," katanya.

Kecelakaan ini berawal saat bus melaju dari arah Lembang, kemudian saat di lokasi kejadian sopir tidak bisa mengendalikan mobilnya.

Sopir lalu membanting setir ke arah kanan hingga akhirnya terguling.

"Akibtanya, dari 59 penumpang di luar sopir dan kondektur, jadi totalnya ada 61. Delapan penumpang meninggal dunia, 10 luka berat, dan 20 luka ringan," katanya.

Keluarga Minta Maaf

Ibunda Dede Purnama Risa tak kuasa menahan tangis mengingat putranya yamng turut meninggal dunia dalam kecelakaan dalam kecelakaan maut di Subang.

Menurut Risa, kecelakaan tersebut bukanlah kemauan anaknya yang saat kejadian tengah mengendarai bus yang terguling itu.

Dia mengatakan bahwa kejadian ini merupakan musibah yang juga sama sekali tak diinginkan oleh keluarganya.

"Bukan kepengen anak saya, ini musibah. Mudah-mudahan lancar semua, jangan ada halangan suatu apapun," kata Risa.

Tak hanya itu, pihaknya sebagai keluarga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh korban.

"Minta maaf kepada korban yang banyak, minta dimaafin anak saya, bukan kemauan anak saya, saya minta dimaafin, kepada semua korban, dari pihak anak saya sebagai sopir," kata Risa dengan mata berkaca-kaca, Minggu (19/1/2020). Disadur dari Tribunnews.com Bogor

Kecelakaan Maut Bus Pariwisata Desa Palasari Kabupaten Subang Dede Purnama Sopir Bus


Loading...