Foto Kusam Presiden SBY Masih Menempel di Kelas SDN Samudrajaya 04 Bekasi, Ini Keluhan Orangtua

Foto Kusam Presiden SBY Masih Menempel di Kelas SDN Samudrajaya 04 Bekasi, Ini Keluhan Orangtua
Tribunjakarta.com
Editor: Malda Teras Viral —Minggu, 19 Januari 2020 19:05 WIB

Terasjabar.id - Kondisi gedung SDN Samudrajaya 04 Bekasi di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, rusak dan sangat memperhatikan.

Kondisi ini terjadi akibat minimnya perawatan baik renovasi skala besar, maupun kecil yang dilakukan secara terus menerus.

TribunJakarta.com mencoba mendatangi SDN Samudrajaya 04 Bekasi, Minggu, (19/1/2020).

Sekilas, kondisi sekolah yang memiliki kerusakan dimana-mana nampak seperti bangunan tak terurus yang dibiarkan begitu saja.

Karena tidak terurus, fasilitas kecil sepeti bingkai foto presiden dan wakil presiden yang biasa menghiasi dinding kelas tak nampak terlihat.

Hanya ada satu ruang kelas yang masih memajang foto presiden, sayangnya foto tersebut merupakan stok lama lantaran, di sana masih terpasang wajah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sinol (60), pemilik warung yang biasa menjaga sekolah mengatakan, kondisi SDN Samudrajaya 04 rusak sejak lama dan belum ada perbaikan.

"Udah lama rusak, belum ada renovasi, saya lupa terkahir renovasi kapan, anak saya dulu sekolah di sini sekarang cucu saya dua sekolah di sini," kata Sinol.

Wali murid bukannya tidak gerah melihat kondisi sekolah, Sinol mengaku kerap mendengar keluhan ketika melihat kondisi tempat siswa belajar tak laik.

"Udah sering pada ngeluh, cuma kita enggak ngerti dah kenapa enggak direnovasi udah rusak begini," ujarnya.

SDN Samudrajaya 04 Bekasi memiliki enam ruang balajar, sisanya adalah ruangan untuk kepala sekolah, ruang guru, dan ruang perlatan lain sepeti gudang.

Kerusakan paling mencolok ada pada atap yang hampir seluruh ruang kelas mengalami bocor serta langit-langit plafon bolong.

Foto Presiden di ruang kelas SDN Samudrajaya 04 Bekasi.
Foto Presiden di ruang kelas SDN Samudrajaya 04 Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Kemudian, kerusakan juga terlihat pada jendela dan daun pintu yang hampir seluruhnya tak memiliki kunci.

Ditambah dengan dinding dan lantai tiap ruangan yang terlihat gompal dan pecah, beberapa bahkan sampai terlihat lapisan tanah akibat ubin yang mengelupas.

"Kalau malam di sini gelap, enggak ada lampu kaya kuburan, tapi listrik ada, cum enggak ada lampu aja," ujar Sinol.

Siswa kerap dipulangkan karena atap bocor

Bangunan SDN Samudrajaya 04, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi kondisinya sangat memprihatinkan.

Kerusakan terjadi di mana-mana dari atap hingga lantai terkelupas.

Sinol (60), warga pemilik warung yang berada di depan sekolah mengatakan, kondisi sekolah rusak sudah berlangsung cukup lama.

"Ini gedung lama, saya juga enggak inget kapan terkahir direnovasi," kata Sinol, Minggu, (19/1/2020).

Terdapat dua bangunan utama SDN Samudrajaya 04 Bekasi, kondisi kedunya nampak serupa dengan kerusakan utama pada atap dan lantainya.

Sinol menjelaskan, ketika hujan turun disetai angin, aktivitas belajar mengajar pasti dihentikan.

Menurut dia, hampir seluruh ruang kelas mengalami bocor lantaran genting yang ada saat ini banyak yang rusak dan bergeser.

"Kalau udah hujan angin pasti dipulangin anak-anak, karena kelasnya bocor semua, udah gitu takut genteng ada yang jatuh," jelasnnya.

Terdapat enam ruang kelas yang biasa digunakan siswa untuk kegiatan belajar mengajar. Hampir seluruh kelas, memiliki kerusakan pada langit-langit atau plafon.

"Karena udah sering keujanan jadi pada rusak (plafon), kelas enggak ada lagi setiap pagi penuh belajar sampe siang aja," ujarnya.

Kerusakan bangunan SDN Samudrajaya 04 Bekasi.
Kerusakan bangunan SDN Samudrajaya 04 Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Sebelumnya, Sebuah video yang memperlihatkan sekelompok siswa mengaku dari SDN Samudrajaya 04, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi viral di media sosial, Minggu, (19/1/2020).

Dalam video tersebut, sekelompok siswa mengadu kepada pemerintah setempat agar bangunan sekolah tempat mereka menuntut ilmu segera diperbaiki.

Para siswa yang terlihat mengenakan seragam pramuka berdiri menghadap kamera, beberapa diantaranya nampak lesu dengan menunjukkan gestur mengigit jari, tertunduk hingga serta menatap ke langit-langit penuh harapan.

Kerusakan bangunan SDN Samudrajaya 04 Bekasi.
Kerusakan bangunan SDN Samudrajaya 04 Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Kemudian satu orang siswa laki-laki dengan suara polosnya berbicara dengan penuh harapan, ia menceritakan kondisi sekolah yang rusak parah hingga disebut tak layak untuk digunakan belajar.

"Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, saya murid SDN 04 Samudra Jaya, yang terhormat pak lurah, pak camat, pak bupati, pak kepala dinas pendidikan tolong perbaiki sekolah saya karena rusak parah dan tidak layak digunakan untuk belajar. Semoga bapak-bapak mendengar aspirasi saya, terima kasih Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh," kata seorang siswa dalam video.

Adapun video itu pernah diunggah akun instagram @_ahmedzamzam, beberapa akun insgram kemudian mengunggah ulang video tersebut hingga viral dan mendapat tanggapan dari netizen.

Selain video berisi harapan siswa agar sekolahnya segera diperbaiki, terdapat juga foto kondisi sekolah yang nampak rusak parah pada bagian lantai hingga atapnya.(Tribunjakarta.com)



SBY Bekasi Orangtua Sekolah


Loading...