Advertisement

Kaya Akan Kolagen, 5 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan

Kaya Akan Kolagen, 5 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan
Ilustrasi ceker ayam Foto: dok.Shutterstock
Editor: S.N.A Teras Health —Minggu, 19 Januari 2020 14:47 WIB
Terasjabar.id - Biasanya, potongan ayam yang banyak digunakan adalah bagian dada dan pahanya. Namun, ada juga yang menyukai sayap atau kakinya (ceker).
Mengutip Kumparan.com, semua potongan daging ayam tinggi protein dan rendah lemak. Ketika dimasak dengan cara yang sehat, maka ayam bisa jadi pilihan makanan baik untuk tubuh. Bahkan penderita diabetes sekalipun dianjurkan untuk makan daging ayam, terutama bagian dadanya.

Bukan hanya karena praktis untuk diolah, mengonsumsi ayam sebenarnya juga bermanfaat bagi tubuh --termasuk ceker ayam. Apalagi, ceker ayam kaya akan kolagen yang sangat diperlukan kulit. Selain itu, apalagi sih manfaat ceker ayam? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Menjaga kesehatan kulit

Ilustrasi Kulit Sehat
Kulit sehat bebas jerawat. Foto: Shutterstock
Menurut penelitian Departemen Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing Nasional di Taiwan, menemukan bahwa ceker ayam kaya akan kolagen.

Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit sehingga tampak awet muda, dan elastis. Jadi, kamu enggak perlu beli skin care mahal-mahal, cukup rutin makan ceker ayam saja kulit bisa tampak sehat alami.

2. Memperkuat tulang

Ilustrasi tulang sehat
Ilustrasi tulang sehat Foto: Shutterstock
Selain kaya akan kolagen, ceker ayam juga mengandung banyak protein. Menurut National Library of Medicine, kandungan protein yang melimpah dalam ceker ayam mampu memperkuat tulang, ligamen, dan tendon.

Selain itu, ceker ayam juga mengandung kondroitin sulfat yang merupakan karbohidrat kompleks guna membantu tulang rawan menahan cairan. Dengan begitu, tulang dapat terhindar dari risiko osteoartritis dan masalah sendi lainnya.

3. Menyembuhkan luka di kulit

Ilustrasi ceker ayam
Ilustrasi ceker ayam Foto: dok.Shutterstock
Sama halnya dalam menjaga kesehatan kulit agar tampak elastis, kandungan kolagen pada ceker ayam juga bisa membantu menyembuhkan luka di kulit. Dengan begitu, ceker ayam mampu mempercepat proses pergantian sel yang rusak sehingga penyembuhan luka lebih tercepat terjadi.

4. Menjaga sirkulasi darah

ceker ayam
ceker ayam Foto: Shutterstock
Sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf, jantung, hingga pencernaan. Untuk itu, kamu disarankan mengonsumsi ceker ayam karena kaya akan mineral yang dapat menjaga proses sirkulasi darah agar tetap sehat. Kandungan mineral yang terkandung dalam ceker ayam di antaranya kalsium, magnesium, kalium, serta fosfor.

5. Menguatkan sistem imun

Ilustrasi imun tubuh
Ilustrasi imun tubuh. Foto: Pixabay
Kekayaan mineral yang terkandung dalam ceker ayam, juga bermanfaat dalam menjaga serta menguatkan sistem imun tubuh. Ini karena fungsinya yang dapat mendukung sirkulasi darah berjalan dengan baik, sehingga tubuh dapat terhindar dari serang berbagai macam penyakit.

Itulah tadi lima manfaat ceker ayam yang ternyata enggak cuma enak, tapi juga sehat. Manfaat ini dapat kamu rasakan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebab, kebanyakan makan ceker ayam juga bisa meningkatkan kolesterol, akibat kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Kaya Akan Kolagen 5 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan


Related Post


 


Loading...