Polisi Menduga Kecelakaan di Subang Karena Bus Melaju Kencang

Polisi Menduga Kecelakaan di Subang Karena Bus Melaju Kencang
Foto : Whisnu
Editor: S.N.A Teras KBB —Minggu, 19 Januari 2020 14:19 WIB
Terasjabar.id - Pihak kepolisian menduga sopir Bus Pariwisata Purnama Sari, kehilangan kendali saat melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hingga mengalami kecelakaan Sabtu (18/1/2020) sore. 

Dugaan tersebut hasil dari olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan bus pariwisata Purnama Sari di Kampung Nagrog, Desa Palasari, Ciater, Subang hingga menyebabkan 8 orang meninggal dunia. 

"Itu pendapat saya pribadi ya, bus melaju dengan kecepatan tinggi, sementara penumpangnya penuh. Bus oleng karena menghantam bahu jalan yang berbeda ketinggian, jadinya miring," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto setelah olah TKP, Minggu (19/1/2020).

Dari hasil pemeriksaan polisi tidak menemukan jejak rem dari 12 titik pantau. Namun penyebab pastinya belum dapat diketahui lantaran dari 61 orang, termasuk sopir dan kernet, meninggal dunia 8 orang. 

Dari informasi yang diperolehnya dari kernet, sopir bus yang juga tewas dalam insiden tersebut, sementara ini diketahui tidak berupaya memperlambat laju kendaraannya.

"Saya tanyakan juga, dan ternyata si sopir memang sudah biasa melaju di jalur ini. Ibaratnya sudah tahu betul area Subang ini. Proses penyelidikan masih berlangsung, untuk sementara ini memang tidak ada upaya pengereman ya," ucapnya.

Terkait kondisi jalan, kata Kushariyanto, cukup mulus dan licin. "Apakah sopirnya gugup atau bagaimana, kita belum tahu. Nanti kita akan lakukan FGD untuk mengetahui kejadian pastinya," ujarnya.
(SDK)




Polisi Menduga Kecelakaan di Subang Karena Bus Melaju Kencang


Loading...