Jejak Sunda Empire: Upacara di Isola-Kumpul Depan Gedung Sate

Jejak Sunda Empire: Upacara di Isola-Kumpul Depan Gedung Sate
Aktivitas kelompol Sunda Empire di depan Gedung Sate. (Foto: tangkapan layar YouTube)
Editor: S.N.A Teras Bandung —Sabtu, 18 Januari 2020 08:16 WIB

Terasjabar.id - Kelompok Sunda Empire membetot perhatian publik. Berbagai aktivitas mereka di Bandung terekam video. Unggahan video itu masih tersebar di YouTube.

Dilansir dari Detik.com, Salah satunya akun YouTube Sunda Empire. Dia mengunggah aktivitas kelompok tersebut. Dalam unggahannya, terlihat mereka yang berpakaian seragam hitam, berjalan di Lapangan Gasibu Bandung. Unggahan itu diberi judul 'Aniversary WDB (World Development Bank).

Massa Sunda Empire itu juga terlihat berkumpul dan berfoto di depan gedung Sate atau tepatnya di area Lapangan Gasibu. Terlihat kelompok itu ditaksir mencapai puluhan orang. Dua video itu diunggah pemilik akun pada 13 Juni 2018.


Jejak Sunda Empire: Upacara di Isola-Kumpul Depan Gedung Sate BandungAktivitas kelompok Sunda Empire di halaman gedung Isola. (Foto: tangkapan layar YouTube)

Selain di Lapangan Gasibu, kelompok itu juga beraktivitas di halaman gedung Isola Bandung. Gedung itu berada di komplek Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Di halaman gedung Isola itu, mereka terlihat melakukan aktivitas seperti upacara. Sejumlah orang dari kelompok Sunda Empire hadir di lokasi tersebut.

Kelompok Sunda Empire ini tengah ditelusuri oleh Pemkot Bandung melalui Kesbangpol Kota Bandung. Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Bandung Soni Bakhtiar menyebutkan aktivitas Sunda Empire dalam video yang viral itu berlangsung pada 2018.

Menurutnya, video diunggah kembali lantaran tengah heboh Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. "Jadi ini latah dari kejadian yang di Purworejo itu. Ini kejadian 2018, di-up lagi," tutur Soni.

Jejak Sunda Empire: Upacara di Isola-Kumpul Depan Gedung Sate


Loading...