Ade Irawan Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung dan Paru - Paru, Kalian Harus Kenali Gejalanya !!

Ade Irawan Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung dan Paru - Paru, Kalian Harus Kenali Gejalanya !!
(KapanLagi.com : Google)
Editor: Epenz Teras Seleb —Jumat, 17 Januari 2020 18:49 WIB

Terasjabar.id - Kabar duka kembali menyelimuti aktris Dewi Irawan, belum lama kehilangan adik kandungnya Ria Irawan yang meninggal dunia 6 Januari 2020 lalu akibat kanker getah bening. Hari ini, Jumat 17 Januari 2020 Dewi kembali kehilangan orang yang dicintai, yakni ibundanya Ade Irawan.

Ade Irawan yang memiliki nama asli Arzia Dahar meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta pukul 14.22 dalam usia 82 tahun. Wanita berdarah Minang ini adalah istri dari Bambang Irawan, aktor dan sutradara Indonesia. Tiga dari lima anak mereka, Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, dan Ria Irawan mengikuti jejak mereka di dunia film.

Sebelumnya Ade Irawan sempat mendapat perawatan di rumah sakit selama dua pekan akibat sakit di bagian jantung dan paru-paru. Ia pernah memiliki riwayat penyakit jantung sejak 30 tahun lalu. Ia juga sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit paru-paru di tahun 2019.

Meski penyakit jantung bisa menyerang baik laki-laki dan perempuan, namun perempuan lebih berisiko mengalaminya. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menemukan jika prevalensi penyakit jantung pada perempuan mencapai 1,6 persen. Angka tersebut lebih besar bila dibandingkan prevalensi pada laki-laki yang menempati 1,3 persen. 

Melansir laman Mayo Clinic, Jumat 17 Januari 2020, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita tidak jauh berbeda dengan pria. Mulai dari nyeri dada, tekanan atau ketidaknyamanan yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau datang dan pergi. 

Tetapi nyeri dada tidak selalu parah atau bahkan merupakan gejala yang paling nyata, terutama pada wanita. Wanita sering menggambarkannya sebagai tekanan atau sesak napas. Dan, mungkin saja mengalami serangan jantung tanpa nyeri dada.

Wanita lebih cenderung memiliki gejala serangan jantung seperti di bawah ini dibanding dengan nyeri dada pada pria:

1. Leher, rahang, bahu, punggung bagian atas atau perut tidak nyaman
2. Sesak napas
3. Nyeri pada satu atau kedua lengan
4. Mual atau muntah
5. Berkeringat
6. Sakit kepala ringan atau pusing
7. Kelelahan yang tidak biasa
8. Gangguan pencernaan

Hal yang mengkhawatirkan, gejala tersebut tampak samar-samar dan tidak terlihat seperti nyeri dada yang langsung menyerang dan sering dikaitkan dengan serangan jantung. Ini karena wanita cenderung memiliki penyumbatan tidak hanya di arteri utama mereka tetapi juga di bagian yang lebih kecil yang memasok darah ke jantung - suatu kondisi yang disebut penyakit jantung pembuluh kecil atau penyakit mikrovaskuler koroner. Disadur dari Cantik.Tempo.co

Kabar Duka. Ade Irawan Arzia Dahar Meninggal Dunia Sakit Bagian Jantung dan Paru - Paru


Loading...