Waspada ! Akhir Pekan Ini Jabar Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir

Waspada !  Akhir Pekan Ini Jabar Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir
Twitter
Editor: Malda Hot News —Jumat, 17 Januari 2020 17:23 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir di sejumlah wilayah di Jabar pada akhir pekan ini, Sabtu (18/1) dan Minggu (19/1).

Berdasarkan data yang diperoleh dari website resmi BMKG, hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi di Bandung, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, dan Banjar, pada sore hingga malam hari.

Peringatan dini untuk waspada hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir pun dikeluarkan untuk wilayah Bogor, Bekasi, Depok, Cianjur, dan Sukabumi pada siang hingga sore hari, Minggu (19/1).

Cuaca Kota Bandung sejak akhir pekan lalu cerah berawan sekalipun di tengah musim hujan.

Namun, Kepala Stasiun Geofisika Bandung BMKG Tony Agus Wijaya mengatakan kondisi cuaca cerah di Kota Bandung selama beberapa hari terakhir karena pengaruh badai tropis di selatan Nusa Tenggara Timur atau di dekat Australia.

"Kondisi itu mempengaruhi pola angin di wilayah Jabar. Membuat awan hujan berkurang sehingga di wilayah Bandung Raya dan Jabar bagian selatan curah hujannya berkurang. Tapi di pantura Jabar seperti Cirebon, Kunngan dan Majalengka masih terjadi hujan," ujar Tony di Mapolrestabes Bandung, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, kondisi itu masih wajar. Badai tersebut, kata dia, yakni badai tropis Claudia dan badai tropis Blake di Australia.

"Kondisi itu membuat curah hujan di Bandung jadi berkurang," katanya.

Meski begitu, bukan berarti kondisi itu akan berlangsung lama. Ia mengimbau warga untuk tidak terlena dengan cuaca cerah selama beberapa hari terakhir.

"Ini hanya sesaat, kalau badainya sudah normal, kembali musim hujan. Apalagi Januari sampai Februari ini puncak musim hujan," katanya.

"Jadi jangan terlena, jangan merasa ini enggak hujan jadi bakal pergi. Ini hanya sesaat saja. Kalau gangguan badai tropis di Australia tadi hilang, maka kita kembali masuk musim hujan."

BMKG memprediksi, badai tersebut akan segera berakhir dan Bandung Raya kembali akan diguyur hujan.

"Sebentar lagi, paling lama dua hari ke depan sudah hilang badainya. Ini nanti Februari curah hujan juga masih tinggi, maka perlu diantisipasi," katanya.

Adapun saat kembali masuki hujan, kata dia, potensi air yang turun mencapai 50 milimeter per jam.

Kondisi itu termasuk hujan lebat. Kondisi curah hujan dengan nilai itu biasa terjadi di Januari hingga Februari.

"Kalau lebih dari 50 milimeter per jam itu biasanya berpotensi banjir dan longsor sehingga perlu kesiapsiagaan," kata Tony. (Sam/Tribunjabar.id)



Jabar Hujan Lebat Akhir Pekan BMKG


Loading...