Pencuri Kotal Amal Masjid Terekam CCTV, Pelaku Bergamis dan Berpeci

Pencuri Kotal Amal Masjid Terekam CCTV, Pelaku Bergamis dan Berpeci
Editor: Admin Teras KBB —Jumat, 17 Januari 2020 10:27 WIB

Terasjabar.id - Seorang pria mengenakan baju gamis warna biru dan peci putih terekam CCTV sedang melakukan aksi pencurian di Masjid Al Mubarokah, Jalan Terusan Sersan Bajuri RW 14, Desa Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dalam dua video yang beredar, pria tersebut terlihat menggasak kotak amal yang tersimpan di bagian depan masjid. Tampak pria tersebut membawa kotak amal ke tempat yang tak terpantau cctv, lalu diduga mencongkel engsel kotak amal tersebut.

Setelah itu, pria yang diduga sebagai pelaku keluar dari masjid sambil mengeluskan tangan ke wajah dan melarikan diri usai melakukan aksi pencurian.

Sekretaris DKM Al Mubarokah, Rahmat SI mengatakan, kejadian itu terjadi pada Rabu (15/1/2020) sekitar pukul 06.00 WIB atau selepas salat subuh berjamaah.

"Saat itu kondisi masjid lagi sepi, karena jemaah sudah pulang. Orang tersebut juga setahu saya tidak ada saat yang lainnya salat berjamaah. Ratusan ribu yang hilangnya," kata Rahmat saat ditemui, Kamis (16/1/2020).

Rahmat mengatakan, kejadian ini bukan yang pertama kalinya terjadi di masjid tersebut. Ia mengatakan, maling sudah membobol kotak amal sudah lebih dari sepuluh kali.

"Makanya dalam setahun terakhir, kami memasang cctv, agar wajah pelaku terlihat. Dilihat dari caranya membobol, sepertinya pelakunya berbeda-beda orang," kata Rahmat.

Maling tersebut, ujar Rahmat, juga pernah berusaha membobol pintu utama ke ruangan salat. Namun, upaya tersebut masih belum berhasil. "Kami belum melaporkan kejadian ini ke kepolisian," katanya.

Dari laporan warga, kata Rahmat, pelaku juga beraksi di RW 15, tiga jam dari kejadian pertama. "Masih pakai baju yang sama, kejadiannya sekitar jam 10 siang atau waktu duha," katanya.

Kasi Trantibum Kecamatan Parongpong Amas Winata mengatakan, pihaknya mengimbau agar DKM memasang stiker peringatan 'terpasang cctv' untuk memperingatkan pelaku.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk cipta kondisi keamanan dan ketertiban di Parongpong," ujarnya. (SDK)

Pencuri Kotal Amal Masjid Terekam CCTV Pelaku Bergamis dan Berpeci Parongpong Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...