Beli Mobil Seken, Jangan Tertipu Kenali 6 Ciri Kendaraan Bekas Banjir

Beli Mobil Seken, Jangan Tertipu Kenali 6 Ciri Kendaraan Bekas Banjir
Awas mobil bekas banjir, kenyataan di lapangan banyak dealer yang menawarkan berbagai macam kendaraan dengan tampilan kinclong dan mulus. (Foto: The New York Times)
Editor: Admin Teras Techno —Rabu, 15 Januari 2020 08:45 WIB

Terasjabar.id - Pascabanjir sejumlah pemilik kendaraan memilih menjual mobil. Alasannya, kendaraan rusak karena terendam banjir.

Meski sudah diperbaiki, namun biasanya tidak senyaman saat belum rusak. Selain itu, banyak komponen mahal yang harus diganti membuat pemilik kendaraan memilih menjualnya.

Lalu, bagaimana bagi konsumen yang sedang membeli mobil seken? Awas jangan tertipu dengan mobil bekas banjir. Kecuali, sang pemilik atau delaer jujur memberi tahu bahwa kendaraan tersebut bekas banjir.

Kenyataan di lapangan banyak dealer yang menawarkan berbagai macam kendaraan dengan tampilan kinclong dan mulus. Namun, mereka tidak memberi tahu mobil tersebut pernah terendam banjir.

Ini yang dikhawatirkan terutama konsumen yang awam. Banyak trik yang dilakukan penjual untuk mengelabui atau menutupi kekurangan mobil yang ditawarkan.

Jika ditanya, sebagian besar penjual pasti akan menjawab dengan meyakinkan, "mobil ini gres banget dan jarang dipakai pemiliknya". Jika termakan bujuk rayu sang sales, jangan salahkan siapa-siapa karena kekurangtelitian Anda ketika memilih kendaraan.

Bagaimana cara mengetahui mobil bekas banjir? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri yang dapat Anda perhatikan kendaraan tersebut bekas banjir.

1. Bau Tidak Sedap

Perhatikan bau interior saat Anda pertama kali masuk kabin mobil. Apakah tercium bau apek? Bila ya, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir. Bau ini disebabkan oleh bagian yang basah dan susah dibersihkan secara tuntas.

2. Endapan Lumpur

Membersihkan mobil bekas banjir, bukanlah suatu hal mudah, seringkali ada beberapa tempat yang terlewatkan oleh penjual. Sebab itu, Anda harus jeli memperhatikan endapan kotoran atau lumpur yang tidak wajar pada sudut dan sela interior, seperti lubang kisi-kisi AC, sudut panel, kabel di belakang dasbor, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

3. Karat

Ciri lain mobil bekas banjir adalah karat atau korosi. Periksa eksterior, pastikan tidak ada karat yang tak wajar atau menyeluruh pada bodi dan kolong. Pada interior, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa, salah satunya adalah pada jok mobil dan pedal.

4. Oli Tercampur Air

Pada mobil bekas terendam banjir, oli di dalam mesin akan tercampur dengan air. Periksa warna oli mesin. Apabila warnanya coklat keputihan, itu indikasi bahwa air pernah masuk ke dalam mesin.

5. Suara Mesin Mobil

Selain warna pelumas, Anda juga perlu memperhatikan suara mesin mobil. Suara mesin yang belum diperbaiki setelah kena banjir akan terdengar lebih kasar dan keras dari normal.

6. Kerusakan Kelistrikkan

Semua alat elektronik sangat rentan terhadap air. Sama halnya dengan komponen elektrik pada mobil. Periksa setiap fungsi perangkat elektronik, seperti lampu, audio, AC, wiper dan perangkat elektronik lainnya, terutama ECU. Pastikan semua berfungsi dengan normal. Jika ada yang aneh, perlu Anda pertimbangkan.

Jadi, telitilah saat Anda membeli mobil seken. Jangan sampai Anda menyesal setelah mobil terparkir di garasi rumah.

(inews.id)

Beli Mobil Seken Jangan Tertipu Kenali 6 Ciri Kendaraan Bekas Banjir


Loading...