Tinjau Proyek Pramestha Resort, Wabup KBB Hengky Kurniawan: Seram Bangunan di Lokasi Seperti Ini

Tinjau Proyek Pramestha Resort, Wabup KBB Hengky Kurniawan: Seram Bangunan di Lokasi Seperti Ini
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras KBB —Selasa, 14 Januari 2020 18:37 WIB

Terasjabar.id - Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, meninjau lokasi proyek Pramestha Resort Town yang dibangun di Kawasan Bandung Utara (KBU) di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (14/1/2020) sore.

Pantauan Tribun Jabar, Hengky Kurniawan Kurniwan mengecek sebuah bukit yang kemiringannya 30 persen itu.

Tampak wilayah tersebut sudah dalam kondisi rusak karena tengah dilakukan pematangan tanah.

Bukit yang asalnya hijau dipenuhi pohon kini sebagian sudah mulai terkikis dan sudah tampak tanah yang dikeruk menggunakan alat berat. Di sana juga sudah ada sejumlah besi yang dipasang untuk pembangunan perumahan.

Hengky Kurniawan juga mengomentari kondisi bukit seperti itu yang bakal dijadikan perumahan.

Menurutnya, jika membangun rumah di lahan yang seperti itu, kemungkinannya ada dua, yakni aman atau tidak aman.

"Seram juga kalau ada bangunan (di lokasi) seperti ini, saya pun kalau punya rumah pasti milih yang datar-datar saja karena pergerakan tanah bisa saja terjadi," ujarnya saat ditemui usai meninjau lokasi.

Ia mengatakan, untuk menghindari bencana tersebut lebih baik memilih rumah yang dibangun di lokasi yang datar.

Namun, untuk lokasi proyek Pramestha pasti sudah ada kajian yang matang.

"Ini pasti ada cara khusus supaya bangunannya tidak berbahaya. Banyak juga rumah yang dibangun di lahan seperti ini, seperti di Jepang, kalau secara keilmuan ya aman, tapi kalau bencana bisa saja menimbulkan longsor," kata Hengky Kurniawan.

Dengan adanya proyek ini, kata Hengky Kurniawan, pasti sudah ada kajian dari pihak pengembang, kemudian dilakukan survei lokasi oleh pihak provinsi, hingga akhirnya keluar rekomendasi gubernur.

"Artinya dulu sudah melalui tahap kajian, hanya sekarang ada temuan rawan longsor dan sebagianya, hingga akhirnya muncul surat baru dari Pak Gubernur," ucapnya.

Disinggung terkait instruksi Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang akan menghentikan semua proyek di KBU termasuk proyek Pramesta Resort Town, Hengky Kurniawan mengatakan, hal tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara.(Tribunjabar.id)




Proyek Pramestha Resort KBB Hengky Kurniawan


Loading...