Ernesto Valverde Resmi Dipecat, Menanti Debut Quique Setien Bersama Barcelona

Ernesto Valverde Resmi Dipecat, Menanti Debut Quique Setien Bersama Barcelona
(Goal.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 14 Januari 2020 18:31 WIB

Terasjabar.id - Klub La Liga Barcelona membuat keputusan besar pada 13 Januari 2020. Blaugrana memutuskan mendepak pelatih Ernesto Valverde dan menggantinya dengan Quique Setien.

Keputusan Barcelona memecat Valverde diambil usai kegagalan Lionel Messi cs di Piala Super Spanyol yang berlangsung di Arab Saudi. Secara memalukan Barcelona tersingkir di semifinal pekan lalu. Blaugrana didepak oleh Atletico Madrid setelah kalah 2-3.

Valverde dua setengah musim melatih Barcelona. Selama di bawah asuhan Valverde, prestasi Barcelona kurang memuaskan. Mereka gagal juara Liga Champions.

Eks pelatih Athletic Bilbao itu hanya memberikan dua gelar juara La Liga, satu Copa del Rey dan Piala Super Spanyol. Bagi klub sebesar Barcelona, koleksi gelar tersebut tak memuaskan manajemen tim.

Permainan Barcelona selama diasuh Valverde juga tak indah dan atraktif. Barcelona berani bermain lebih bertahan, tidak seperti era-era sebelumnya sewaktu ditangani Josep Guardiola, Tata Martino hingga Luis Enrique.

Kini Barcelona menaruh harapan besar pada Setien. Pria 61 tahun itu dipilih Barcelona karena memiliki filosofi permainan yang mirip dengan Barcelona. Dia menyukai permainan menyerang yang indah.

Kemampuan Setien menghadirkan permainan indah membuat pengurus Barcelona seolah menutup mata atas rekam sejak pria 61 tahun itu.

Setien bukan pelatih yang populer, bahkan di kalangan fans Barcelona. Setien belum bisa membawa timnya menjadi juara. Setien juga belum pernah menukangi klub-klub papan atas.

 

 



Karier

Setien memulai karier kepelatihan tahun 2001 ketika dipercaya menukangi Racing Santander. Dia sukses membawa Santander promosi ke kasta teratas Liga Spanyol. Namun Setien pindah ke Poli Ejido dan kemudian Equatorial Guinea.

Pada 2007, Setien dipercaya menangani Logrones selama setahun sebelum bergabung dengan Lugo. Setien pertama kali melatih di La Liga pada 2015 ketika dipercaya memoles Las Palmas.

Dua tahun di Las Palmas, Setien dipercaya menukangi Real Betis. Di musim pertamanya, Setien sukses membawa Betis lolos ke Liga Europa dan melaju ke semifinal Copa del Rey.

Sayangnya pada musim kedua, hubungan Setien dengan manajemen klub memburuk sehingga dipecat meski sebenarnya terikat kontrak tiga tahun.

Masalah

Menarik dinantikan bagaimana kiprah Setien di Barcelona. Dia dikontrak sampai Juni 2022. Tugas berat sudah menanti Setien. Pasalnya Barcelona cuma unggul selisih gol dari Real Madrid di puncak klasemen La Liga.

Setien juga harus menemukan solusi untuk lini depan. Penyerang Luis Suarez harus absen selama empat bulan karena naik meja operasi. Barcelona kemungkinan akan membeli striker baru di Januari 2020 ini.

Salah satu kandidat penyerang yang akan didatangkan Setien ke Barcelona adalah Cristhian Stuani dari Girona. Disadur dari Liputan6.com

Barcelona Quique Setien Pelatih Baru La Liga


Loading...