Aa Umbara Siap Bertindak Kooperatif Dalam Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Hibah TA 2019

Aa Umbara Siap Bertindak Kooperatif Dalam Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Hibah TA 2019
(Istimewa : Google)
Editor: Epenz Teras KBB —Selasa, 14 Januari 2020 17:44 WIB

Terasjabar.id, Lembang - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menegaskan, siap memberikan semua fotocopy dokumen terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2019.

Permintaan fotocopy dokumen tersebut dilayangkan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar melalu surat permintaan menyusul adanya kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Untuk mendalami dugaan kasus ini, polisi meminta Aa Umbara untuk memberikan fotocopy dokumen peraturan bupati tentang penjabaran APBD TA 2019, keputusan bupati tentang penetapan penerima hibah dan bantuan sosial TA 2019, dan dokumen perencanaan terkait penganggaran hibah dan bantuan sosial.

Surat permintaan dokumen dengan nomor B/14/Subdit III/1/2020/Dit Reskrimsus itu sudah ditandatangani Direskrimsus Polda Jabar, Kombes Pol Iksantyo Bagus Pramono yang ditujukan ke Bupati Bandung Barat Aa Umbara pada 6 Januari 2020.

"Jadi begini yang dimintanya (dokumen) anggaran hibah yang mana, secara teknis itu kan Bappeda dan BPKAD. Saya gak akan menghalang-halangi yang seperti itu (penyerahan dokumen)," ujarnya saat ditemui di Lembang, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan, pihaknya sendiri memang sudah menerima surat permintaan dokumen dari Polda Jabar tersebut. Menurutnya, semua permintaan apapun dari instansi yang lain pasti ditujukan ke bupati.

"Kalau begitu ya monggo, tapi secara teknis ya di dinas masing-masing. Kita sudah rapatkan itu. Jadi istilahnya monggo lah, itu biasa jangan dipolitisir," kata Aa Umbara.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga, mengatakan saat ini pihaknya tengah mendalami adanya dugaan kasus tindak pidana terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial tersebut.

"Baru mendalami dan menelaah pengaduan masyarakat terkait giat hibah dan bantuan sosial (di Kabupaten Bandung Barat)," ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (14/1/2020).

Saat ini, semua pengaduan dari masyarakat terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi ini tengah dilakukan penelaahan oleh Unit I Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Jabar. (SDK)

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna Kegiatan Hibah APBD Anggaran 2019


Loading...