Advertisement

Harga Cabai Naik di Pasar Baru, Membuat Para Pembeli Memburu Cabai Buruk

Harga Cabai Naik di Pasar Baru, Membuat Para Pembeli Memburu Cabai Buruk
(Detik Finance : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 14 Januari 2020 17:24 WIB

Terasjabar.id - Naiknya harga komoditas jenis cabai di Pasar Baru Indramayu membuat para pembeli memburu cabai busuk.

Hal tersebut diungkapkan seorang pedagang sayur, Iksan (48) saat ditemui TribunCirebon.com di lapak jualannya di Pasar Baru Indramayu, Selasa (14/1/2020).

Iksan mengatakan, cabai busuk itu laris manis sejak harga cabai segar mengalami kenaikan harga sejak awal tahun 2020 kemarin.

Mereka yang membeli cabai busuk mayoritas merupakan ibu rumah tangga untuk kebutuhan konsumsi keluarga.

"Banyak beli busukan karena harganya lebih murah, cuma setengah harga," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, harga cabai merah naik menjadi Rp 60 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp 30 ribu per kilogram.

Hal ini yang membuat penjualan cabai di lapak milik Iksan menurun, para pembeli bahkan lebih memilih untuk membeli cabai busuk.

"Tidak tentu juga sih mas harganya, biasanya saya hargai cuma Rp 20 ribu per kilogram, kadang Rp 30 ribu tergantung kondisi cabainya," ucapnya.

Dalam hal ini, disampaikan Iksan, cabai busuk yang ia jual merupakan cabai kemarin yang tidak laku, cabai itu kemudian busuk pada keesokan harinya.

Jumlah cabai busuk yang ia jual pun tidak menentu, tergantung jumlah cabai yang busuk karena tidak laku pada hari sebelumnya.

Namun, cabai-cabai busuk itu justru menjadi incaran para pembeli dan langsung ludes terjual di hari esoknya.

"Ini cabai kemarin, tidak lebih dari sehari. Karena kalau cabai itu kan sehari langsung busuk," ujar dia.

Menurut Iksan, cabai busuk masih aman untuk dikonsumsi. Para pembeli biasanya mengolah cabai busuk terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Mereka mencuci, kemudian merebus cabai busuk itu untuk menghilangkan bakteri dan bau busuk pada cabai baru selanjutnya dikonsumsi.

"Aman sih mas, karena memang biasanya mereka suka diolah dulu baru dikonsumsi," ujarnya. (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Harga Komoditas Jenis Cabai PasarBaru Cabai Busuk Pedagang Sayur


Related Post



Loading...