Siklon Tropis Claudia Menjauh, BNPB Imbau Warga Tetap Waspada

Siklon Tropis Claudia Menjauh, BNPB Imbau Warga Tetap Waspada
BNPB mengimbau warga untuk mewaspadai dampak merugikan dari Siklon Tropis Claudia. (Foto: BMKG).
Editor: Admin Hot News —Selasa, 14 Januari 2020 08:10 WIB

Terasjabar.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga untuk mengantisipasi dampak merugikan Siklon Tropis Claudia. Berdasarkan peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat akan muncul hingga Rabu (15/1/2020) besok.

”Meskipun prediksi BMKG dalam 24 jam ke depan menunjukkan arah gerak menjauhi wilayah Indonesia, BPBD dan semua pihak perlu mewaspadai potensi bahaya dampak dari siklon tropis yang terpantau dapat berkecepatan lebih dari 100 km/jam ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo, yang dikutip dari inews.id, Senin (13/1/2020).

Dia menuturkan, BMKG memantau pertumbuhan siklon tropis di perairan barat Darwin, Australia. Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina hingga dapat berdampak ke wilayah Nusantara.

BMKG juga menyebutkan konvergensi memanjang dari Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung hingga Laut Jawa bagian barat. Sementara belokan angin terdapat di Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Selat Karimata dan Kalimantan Utara.

BMKG juga menyatakan potensi dampak cuaca di Indonesia antara lain hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Sulawesi Selatan, Bali, NTB dan NTT. Selain itu angin kencang dengan kecepatan lebih dari 37 km/jam di Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 meter di perairan selatan Bali hingga selatan NTB, perairan selatan Pulau Sumba, Samudera Hindia selatan Jawa Timur, hingga selatan NTB, perairan Pulau Sabu dan Pulau Rote.

Kepala BMKG El Tari, Kupang, Agung Sudiono Abadi mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan, arah gerak siklon yakni barat barat daya dengan kecepatan 16 knots atau 30 kilometer per/jam, bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum, 70 knots atau 130 kilometer per-jam

Meski telah bergerak menjauhi wilayah Indonesia, BMKG mengigatkan warga tetap waspada angin kencang dan gelombang laut tinggi.

Siklon Tropis Claudia Menjauh BNPB Imbau Warga Tetap Waspada


Loading...