Gunung Taal di Filipina Erupsi, KBRI Siapkan Evakuasi WNI

Gunung Taal di Filipina Erupsi, KBRI Siapkan Evakuasi WNI
Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, Kedutaan Besar Indonesia di Manila, Filipina telah mempersiapkan evakuasi jika erupsi Gunung Taal tidak mereda. Foto/Reuters
Editor: Admin Hot News —Senin, 13 Januari 2020 14:14 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Manila, Filipina telah mempersiapkan evakuasi jika erupsi Gunung Taal tidak mereda. Gunung yang berada di wilayah Cavite tersebut mulai mengalami erupsi semalam.

Mengutip dari sindonews.com, Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha mengatakan, gunung tersebut berjarak sekitar 82 km dari Manila. Judha menyebut, terdapat 170 WNI yang bertempat tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa.

"Tim Perlindungan KBRI Manila telah berada di wilayah Cavite untuk memantau situasi, berkoordinasi dengan otoritas setempat dan memberikan bantuan kepada para WNI. Jika diperlukan, tim akan mengevakuasi para WNI ke KBRI Manila," ucap Judha.

Judha, dalam pernyataan tertulis kepada awak media pada Senin (13/1/2020), menuturkan bahwa KBRI Manila juga sudah mengeluarkan imbauan kepada WNI yang tinggal di atau sekitar wilayah Cavete untuk meningkatkan kewaspadaan.

"WNI diharapkan mengikuti arahan otoritas setempat dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah. Jika menghadapi situasi darurat agar segera menghubungi hotline KBRI di nomor 09173198470," tukasnya. 

Gunung Taal di Filipina Erupsi KBRI Siapkan Evakuasi WNI


Loading...