5 Tips Merawat Spons Mandi Agar Tak Jadi Sarang Bakteri

5 Tips Merawat Spons Mandi Agar Tak Jadi Sarang Bakteri
Foto ilustrasi: Thinkstock
Editor: S.N.A Teras Health —Minggu, 12 Januari 2020 18:58 WIB

Terasjbar.id - Beberapa orang memilih mandi dengan menggunakan spons mandi. Spons membantu kita membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari tubuh. Alih-alih menjadikan tubuh lebih bersih dengan spons, kotoran dan sel kulit mati malah menumpuk di spons. Dengan begitu bakteri bisa saja tumbuh di dalamnya.

Dikutip dari DetikHealth, sebuah studi pada 1994 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan bahwa spons dapat menularkan spesies bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan membuatnya berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.


Meski begitu jika kamu tetap ingin menggunakan spons saat mandi cobalah merawatnya dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah spons menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

1. Keringkan dan simpan di tempat terbuka

Setiap setelah menggunakannya, jangan tinggalkan di kamar mandi begitu saja. Tapi sebaiknya digantung di suatu tempat di bawah sinar matahari atau tempat dengan aliran udara yang dapat mengeringkannya.

2. Hindari penggunaan selama beberapa hari setelah kamu bercukur

Setelah mencukur bulu kaki atau tangan sebaiknya tidak menggunakan spons saat mandi dalam beberapa hari. Karena bakteri dapat masuk ke kulit melalui pori-pori. Jadi kamu dianjurkan untuk tidak menggunakan spons selama beberaoa hari setelah mencukur bulu kaki atau tangan.

3. Hindari area wajah

Jangan gunakan di wajah atau area genital. Bagian-bagian tubuh ini sensitive terhadap infeksi.

4. Bersihkan setiap minggu

Agar spons terhindar dari bakteri sebaiknya dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Caranya, bisa dengan merendam dalam larutan pemutih cair selama lima menit dan kemudian bilas sampai bersih.

5. Ganti secara teratur

Jika kamu memiliki spons dengan bahan alami, kamu perlu menggantinya setiap 3-4 minggu sekali. Tapi jika kamu memiliki spons dengan bahan plastic, biasanya itu akan bertahan selama dua bulan. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya. Apabila sebelum waktunya ganti tapi sudah terlihat ada jamur atau bau tidak enak segeralah menggantinya.

5 Tips Merawat Spons Mandi Agar Tak Jadi Sarang Bakteri


Loading...