Advertisement

8 Bahan Alami Ini Ampuh Banget Atasi Kulit Wajah Yang Kering, Aman Dan Ramah Di Kantong!

8 Bahan Alami Ini Ampuh Banget Atasi Kulit Wajah Yang Kering, Aman Dan Ramah Di Kantong!
Editor: S.N.A Teras Health —Sabtu, 11 Januari 2020 16:35 WIB

Terasjabar.id - Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat, bersih dan terawat. Namun berbagai masalah kulit seringkali menghampiri, salah satunya adalah kulit wajah yang kering. Kondisi ini sendiri umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan atau kulit kehilangan kelembabannya.

Dilansir dari WowKeren, Kulit kering selain kasar saat diraba, juga akan membuat wajah terlihat kusam. Kondisi ini akan semakin parah jika kulit sudah meradang, sebab wajah akan terasa perih.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan produk perawatan khusus. Tapi jika kalian mencari alternatif lain yang lebih alami, kalian bisa menggunakan beberapa bahan di bawah ini. Selain harganya yang relatif terjangkau, berbagai bahan alami ini juga aman di wajah loh.

1. Gunakan Minyak Zaitun Untuk Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering


Gunakan Minyak Zaitun Untuk Mengatasi Kulit Wajah yang Kering

Bahan alami pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit kering adalah minyak zaitun. Hal ini disebabkan karena kandungan di dalam minyak zaitun ampuh untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Karena itulah minyak zaitun biasanya digunakan sebagai masker dan pelembab alami.

Selain itu, minyak zaitun juga berguna mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun pada wajah dan lakukan perawatan ini secara rutin setidaknya dua kali sehari. Atau kamu juga bisa mengaplikasinnya setiap selesai mandi agar kulitmu senantiasa terjaga kelembabannya.

2. Buah Alpukat Juga Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah Yang Kering


Buah Alpukat Juga Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah yang Kering

Alpukat yang memiliki tekstur lembut dan lemak alami yang sehat rupanya mampu membuat kulit lebih kenyal dan lembab. Karena itulah alpukat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Menariknya lagi, buah satu ini juga bisa mengencangkan kulit loh.

Untuk mengatasi kulit kering menggunakan alpukat, kamu harus menjadikannya sebagai masker. Pertama haluskan buah alpukat lalu aduk rata bersama madu. Setelah adonan tersebut berubah menjadi pasta, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai bilas hingga bersih.

3. Ingin Mengatasi Masalah Kulit Wajah Yang Kering? Manfaatkan Saja Buah Apel


Ingin Mengatasi Masalah Kulit Wajah yang Kering? Manfaatkan Saja Buah Apel
Pexels/John Finkelstein

Buah apel selain enak rasanya ternyata juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Di dalam buah apel terdapat kandungan zat kalium dan tannin yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan menjadikannya tetap bersinar.

Jika ingin kulit tetap sehat, manfaatkan buah apel sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Caranya sangat mudah. Pertama parut buah apel, lalu oleskan ampas dan hasil parutannya pada kulit wajah yang kering. Diamkan selama 20 menit dan jika sudah selesai, bilas dengan air dingin.

4. Lembabkan Kulit Wajah Yang Kering Dengan Menggunakan Madu


Lembabkan Kulit Wajah yang Kering dengan Menggunakan Madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat, mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan. Madu dapat menjaga kelembaban kulit serta mampu mencerahkan kulit. Cairan kental manis ini juga bisa menghasilkan kolagen sehingga mampu membantu mengencangkan kulit.

Gunakan madu sebagai masker untuk mengatasi kulit kering. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur setengah sendok teh madu dengan sedikit air mawar. Setelah itu oleskan pada area kulit yang kering. Diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

5. Mentimun Tak Hanya Mampu Atasi Mata Panda, Tapi Juga Melembabkan Kulit Yang Kering


Mentimun Tak Hanya Mampu Atasi Mata Panda, Tapi Juga Melembabkan Kulit yang Kering

Mentimun biasanya digunakan sebagai masker mata untuk menghilangkan mata panda. Tapi rupanya, mentimun juga ampuh untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Hal ini disebabkan karena mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa melembabkan kulit kering dengan efek yang menyegarkan.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama kupas kulit mentimun lalu potong tipis-tipis. Setelah itu tempelkan pada seluruh wajah dan diamkan sekitar 15 menit atau sampai airnya benar-benar menempel di wajah. Jika sudah, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, karena juga bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit.

6. Pisang Bisa Bantu Atasi Kulit Yang Kering


Pisang Bisa Bantu Atasi Kulit yang Kering
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit kering adalah pisang. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan vitamin A, B dan E yang baik untuk melembabkan kulit. Bahkan sebuah penelitian membuktikan jika pisang ternyata juga bisa menjaga elastisitas kulit.

Nah, jika kamu ingin memanfaatkannya untuk mengatasi kulit kering, kamu tinggal menghaluskannya saja. Agar lebih efektif, kamu bisa menambahkan yoghurt. Campur hingga berbentuk seperti pasta lalu oleskan secara merata di wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.

7. Berbagai Kandungan Baik Di Dalam Pepaya Bisa Membantu Melembabkan Kulit Yang Kering


Berbagai Kandungan Baik di dalam Pepaya Bisa Membantu Melembabkan Kulit yang Kering
Unsplash/Amanda Lins

Pepaya dikenal sebagai buah yang ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan. Di balik itu, buah ini juga bagus untuk merawat kulit yang kering. Khasiat ini didapatkan dari kandungan vitamin A dan C di dalamnya yang mampu meningkatkan hidrasi pada kulit sehingga efektif melembabkan kulit wajah yang kering.

Menariknya lagi, vitamin C yang ada di dalam pepaya juga mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, kamu hanya perlu menghaluskan daging pepaya lalu aplikasikan pada seluruh wajah. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Gunakan Lidah Buaya Untuk Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering


Gunakan Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kering adalah lidah buaya. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, anti inflamasi dan sensasi dingin yang bisa mengusir kulit kering dan bersisik dengan cepat.

Cara menggunakannya pun sangat mudah dan sederhana. Kamu tinggal mengupas kulit lidah buaya dan mengambil bagian dagingnya. Setelah itu oleskan pada wajah yang kering selama sekitar 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

8 Bahan Alami Ini Ampuh Banget Atasi Kulit Wajah Yang Kering Aman Dan Ramah Di Kantong!


Related Post


 


Loading...