Advertisement

Gusi Bengkak Salah Satunya karena Kehamilan, Berikut $ Penyebab Lainnya

Gusi Bengkak Salah Satunya karena Kehamilan, Berikut $ Penyebab Lainnya
Ilustrasi sakit gigi. (Shutterstock)
Editor: S.N.A Teras Health —Sabtu, 11 Januari 2020 15:14 WIB

Terasjabar.id - Gusi sangat penting bagi kesehatan mulut. Maka dari itu, gusi bengkak tentu sangat mengganggu aktivitas. Rasa nyeri pun akan membuat kita sulit makan dan minum.

Umumnya gusi bengkak diikuti gejala lain seperti munculnya nanah, keluar darah saat gosok gigi dan bau napas tidak sedap. Dilansir dari Himedik.com, berikut penyebab dari gusi bengkak.

1. Radang gusi
Radang gusi paling sering disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, yang memungkinkan timbulnya plak di garis gusi dan gigi. Plak mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gusi.

Jika tidak diobati, radang gusi pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi yang jauh lebih serius yang disebut periodontitis dan kemungkinan kehilangan gigi.

2. Kehamilan
Gusi yang bengkak juga dapat terjadi selama kehamilan. Aliran hormon yang diproduksi tubuh Anda selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah di gusi Anda. Peningkatan aliran darah ini dapat menyebabkan gusi Anda lebih mudah teriritasi dan menyebabkan pembengkakan.

Pubahan hormonal juga dapat menghambat tubuh untuk melawan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi gusi. Ini dapat meningkatkan peluang Anda terkena radang gusi.

Ilustrasi sakit gigi, radang gusi. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit gigi, radang gusi. (Shutterstock)

3. Malnutrisi
Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C, dapat menyebabkan pembengkakan gusi. Vitamin C, misalnya, berperan penting dalam pemeliharaan dan perbaikan gigi dan gusi Anda. Jika kadar vitamin C Anda turun terlalu rendah, Anda bisa menderita penyakit kudis. Penyakit kudis dapat menyebabkan anemia dan penyakit gusi.

Di negara maju, malnutrisi jarang terjadi. Ketika ada, itu paling sering terlihat pada orang dewasa yang lebih tua.

4. Infeksi
Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus berpotensi menyebabkan gusi bengkak. Jika Anda menderita herpes , ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut gingivostomatitis herpes akut , yang menyebabkan gusi bengkak.

Sariawan , yang merupakan hasil pertumbuhan berlebih dari ragi yang terjadi secara alami di mulut, juga dapat menyebabkan pembengkakan gusi. Kerusakan gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan abses gigi, yang merupakan pembengkakan gusi yang terlokalisasi.

Ketahui 4 Penyebab Gusi Bengkak Salah Satunya karena Kehamilan


Related Post


 


Loading...