Bandung Belum Waktunya Terapkan Aturan Pemilik Kendaraan Wajib Miliki Garasi

Bandung Belum Waktunya Terapkan Aturan Pemilik Kendaraan Wajib Miliki Garasi
Kendaraan pribadi parkir di pinggir jalan.* /PRFm
Editor: Admin Teras Bandung —Sabtu, 11 Januari 2020 15:11 WIB

Terasjabar.id - Banyaknya kendaraan pribadi di Kota Bandung membuat banyak ruas jalan di kota ini seringkali dilanda kemacetan.

Tidak sedikit warga yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas dan bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu penyebab kemacetan.

Terkait banyaknya kendaraan pribadi yang memadati ruas-ruas jalan di Kota Bandung, Pengamat transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Sony Sulaksono Wibowo menilai beragam persoalan menjadi penyebab kemacetan di Bandung.

Dia turut menyinggung terkait  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok yang mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang mengatur pemilik kendaraan untuk wajib memiliki garasi, Rabu 8 Januari 2020. Bagi yang melanggar Perda tersebut, akan dikenakan denda sebesar dua juta rupiah.

Menurut Sony, jika Perda yang serupa diterapkan di Bandung tidak serta merta membuat kemacetan bisa diatasi.

Namun dia tidak memungkiri bahwa kebijakan tersebut bisa saja menekan jumlah pengguna kendaraan pribadi.

"Bicara mengurangi kemacetan tidak bisa otomatis. Tapi setidaknya mempersulit orang untuk punya mobil. Konsepnya kan mendorong orang menggunakan angkutan umum dan memberikan pinalti kepada pengguna angkutan pribadi," ujarnya dikutip dari PRFm.

Selain itu alasan lain yang membuat kebijakan tersebut belum bisa diterapkan adalah terkait transportasi umum yang ada masih terbatas dan tidak bisa mencapai ke pelosok.

Untuk itu Sony memberi saran agar pemerintah bisa memperbaiki transportasi umum dan menyediakan transportasi alternative.

"Bandung belum waktunya, karena angkutan umumnya masih belum mencapai wilayah pelosok. Wilayah yang terlayani oleh angkutan umum paling 20 hingga 30 persen. Kemudian orang kalau naik angkutan umum seperti angkot, harus dua sampai tiga kali ganti. Ini yang harus dibenahi," pungkas Sony.

(pikiran-rakyat.com)

Bandung Aturan Pemilik Kendaraan Wajib Miliki Garasi


Loading...