Perutnya Ada Sampah Plastik, Bangkai Penyu Kembali Ditemukan di Pangandaran

Perutnya Ada Sampah Plastik, Bangkai Penyu Kembali Ditemukan di Pangandaran
Foto: Istimewa
Editor: S.N.A Hot News —Sabtu, 11 Januari 2020 14:41 WIB

Terasjabar.id - Bangkai penyu kembali ditemukan di pantai barat Pangandaran, Jumat (10/1/2020) petang. Ini adalah penemuan ketiga dalam 2 pekan terakhir. Selain bagian tubuhnya rusak terburai, dalam perut penyu ini terdapat sampah plastik. Ditengarai penyu ini memakan sampah plastik.

"Ya ada warga melaporkan ada bangkai penyu di pantai barat Pangandaran," kata Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cagar Alam Resort Pangandaran Uking Iskandar.

Dilansir dari Detik.com, Berdasarkan hasil pemeriksaan penyu kembang itu berjenis kelamin betina panjang 45 cm, lebar badan 43 cm, dan kepala 10 cm. "Setelah diperiksa langsung kami kubur," kata Uking.

Penggiat pelestarian penyu di Kabupaten Pangandaran Giwang Sari menyatakan keprihatinannya atas banyaknya penyu yang mati akibat ulah manusia. "Jadi peringatan penting buat kita semua, mohon hati-hati jangan membuang sampah ke laut. Apalagi sampah plastik," kata Giwang.

Menurutnya masyarakat di mana pun juga tidak hanya masyarakat pesisir pantai, yang ada di gunung atau di kota jangan membuang sampah ke sungai terutama sampah plastik. Karena pada akhirnya bermuara juga ke laut. "Apalagi masyarakat yang hidup di pesisir pantai atau yang beraktivitas di lautan agar berhenti buang sampah apapun terutama plastik ke laut," katanya.

Lagi Bangkai Penyu Ditemukan di Pangandaran di Perutnya Ada Sampah Plastik


Loading...