BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat Berpotensi Kembali Terjadi di Sejumlah Wilayah Jabar

BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat Berpotensi Kembali Terjadi di Sejumlah Wilayah Jabar
PRAKIRAAN cuaca Bandung hari ini berpotensi hujan petir di hari Natal. Waspada jika ingin beraktivitas di luar rumah./ /PIXABAY
Editor: Admin Teras Bandung —Jumat, 10 Januari 2020 08:51 WIB

Terasjabar.id - Sejak memasuki awal tahun 2020 hujan dengan intensitas tinggi melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Beberapa waktu lalu bencana banjir melanda di beberapa daerah di Indonesia yang diakibatkan hujan intensitas tinggi.

Bagi Anda yang akan beraktivitas diluar ruangan disarankan agar lebih berhati-hati terutama jika terjadi kembali adanya genangan air atau banjir.

Bagi Anda khususnya yang akan melakukan aktivitas di luar ruangan perlu mengatisipasi kemungkinan terjadinya dinamika cuaca yang akan terjadi di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jumat, 10 Januari 2020 pada pagi hari secara umum berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dilwilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang.

Selain itu, hujan dengan intesitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi pula di wilayah Subang, Indramayu, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Purwakarta, Sumedang, Majalengka, Ciamis, dan Pangandaran.

Menjelang siang hingga sore hari secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Bandung, Garut, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang.

Selain itu hujan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari terjadi pula pada wilayah Sumedang, Majalengka, Cirebon, Karawang, Bekasi, Tasikmalaya, Indramayu, Kuningan, Banjar, dan Ciamis.

Pada malam hari secara umum cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Depok, Karawang, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Bekasi.

Adapun suhu udara di wilayah Jawa Barat di bagian utara berkisar mulai dari 21 hingga 33 derajat celcius.

Sedangkan tingkat kelembaban udara di bagian utara Jawa Barat berkisar mulai dari 60 hingga 97 persen.

Adapun suhu udara di wilayah bagian selatan Jawa Barat berkisar mulai dari 18 hingga 32 derajat celcius.

Sedangkan tingkat kelembaban udara di wilayah Jawa Barat bagian selatan berkisar mulai dari 60 hingga 98 persen.

Kecepatan angin secara umum bertiup dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 5 hingga 25km/jam.

Berdasarkan keterangannya, BMKG memberikan peringatan dini dengan tingkat waspada adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang dapat disertai petir di wilayah Bandung, Garut, Bogor, Sukabumi.

Selain itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terjadi pula pada wilayah Cianjur, Purwakarta, Subang, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Karawang, Bekasi, Depok, Tasikmalaya, Indramayu, Kuningan, Pangandaran, Banjar, dan Ciamis menjelang siang hingga malam hari.

(pikiran-rakyat.com)

BMKG Hujan Lebat Disertai Kilat Berpotensi Kembali Terjadi di Sejumlah Wilayah Jabar


Loading...