Gerhana Bulan Penumbra Besok Terjadi Mulai 00.05 WIB

Gerhana Bulan Penumbra Besok Terjadi Mulai 00.05 WIB
Bulan (Antara/Republika)
Editor: Admin Teras Techno —Jumat, 10 Januari 2020 08:14 WIB

Terasjabar.id - Peristiwa gerhana bulan penumbra, ketika pancaran cahaya matahari ke bulan terhalang oleh bumi, akan terjadi pada 11 Januari 2020 mulai pukul 00.05 WIB. Hal itu diungkapkan pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Melansir dari ayobandung.com, Kepala Subbidang Layanan Informasi Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Himawan Widiyanto di Kantor BMKG Jakarta, Kamis (9/1), mengatakan bahwa gerhana akan mencapai puncak pukul 02.10 WIB dan berakhir pukul 04.14 WIB.

Menurut dia, gerhana bulan bisa disaksikan di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Papua.

 Ia mengatakan, gerhana bulan itu akan susah dilihat dengan mata telanjang dan menyarankan mereka yang ingin menyaksikan gerhana untuk menggunakan teropong. "Kalau pakai teropong biasa jelas kelihatan. Tapikalau pakai mata telanjang susah," katanya.

 Himawanmenjelaskan pula bahwa gerhana bulan penumbratidak berpengaruh terhadap cuaca dan hanya sedikit memengaruhi pasang surut air laut.

"Kalau terhadap cuaca enggak. Terus kepada pasut (pasang surut) itu pengaruhnya sangat kecil. Jadi ada, cuma sangat kecil," katanya.

Gerhana Bulan Penumbra Besok Terjadi Mulai 00.05 WIB BMKG


Loading...