Di Tengah Konflik 'Panas' Dengan Tiongkok, RI Temukan Kapal Vietnam Di Natuna

Di Tengah Konflik 'Panas' Dengan Tiongkok, RI Temukan Kapal Vietnam Di Natuna
Editor: S.N.A Teras Viral —Kamis, 9 Januari 2020 17:51 WIB

Terasjabar.id - Konflik yang terjadi antara Indonesia dan Tiongkok di Natuna, Kepulauan Riau masih memanas. Permasalahan ini sendiri bermula pada Desember 2019 lalu dimana coast guard Tiongkok melanggar batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Namun, di tengah koflik tersebut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) justru menangkap tiga kapal ikan asing berbendera Vietnam di kawasan perairan tersebut. Penangkapan tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Senin (30/12).

Dilansir dari WowKeren, Dalam penangkapan ini Dirjen PSDKP KKP juga melakukan koordinasi dengan pihak TNI Angkatan Laut yang dalam penangkapan itu telah mengerahkan kapal KRI Tjiptadi-381 dan KRI Teuku Umar-385 serta Bakamla yang mengirimkan KN Tanjung Datu ke Laut Natuna Utara. Sedangkan kapal Vietnam yang ditangkap adalah KG 95118 TS.

Kapal KG 95118 TS berukuran 125 GT dengan jumlah awak kapal sebanyak lima orang. Status para awak kapal ini seluruhnya berwarga negara Vietnam.

Sementara itu, kapal kedua KG 94629 TS berukuran 98 GT dengan jumlah awak kapal 18 0rang berwarga negara Vietnam. Dan kapal terakhir, KG 93255 TS berukuran GT dengan jumlah awak kapal 13 orang berwarga negara Vietnam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut saat penangkapan terjadi tiga kapal berbendera Vietnam ini sempat melakukan perlawanan. Bahkan kapal pengawas perikanan yang melakukan penangkapan dalam operasi tersebut, yakni Kapal Orca 04 mengalami kerusakan yang cukup parah akibat perlawanan tersebut.

"Kita baru saja melihat keberanian adik-adik kita di tengah laut lakukan penangkapan illegal fishing di hadapan kita ada tiga kapten kapal yang pimpin penangkapan," kata Edhy. Tak sampai di situ, ia juga menyampaikan apresiasinya kepada aparat dari Ditjen PSDKP yang telah dengan sabar, sigap, dan tegas dalam menghadapi provokasi dan perlawanan dari kapal-kapal ikan asing berbendera Vietnam tersebut.

"Yang paling jelas kami di lapangan bahu membahu dengan TNI AL, TNI AD, TNI AU, Pol Air, Bakamla yang memberikan info sejak tanggal 27 Desember," tutupnya. "Memang para pencuri luar biasa. Tapi alhamdulillah anggota kita selamat."

Di Tengah Konflik 'Panas' Dengan Tiongkok RI Temukan Kapal Vietnam Di Natuna


Loading...