4 Alat Berat Dikerahkan Buka Jalan Tertimbun Longsor di Banjarnegara

4 Alat Berat Dikerahkan Buka Jalan Tertimbun Longsor di Banjarnegara
Empat alat berat dikerahkan untuk membuka akses jalan yang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Kamis (9/1/2020). FOTO/iNews/ELIS NOVIT
Editor: Admin Hot News —Kamis, 9 Januari 2020 16:38 WIB

Terasjabar.id - Empat alat berat dikerahkan untuk membuka akses jalan yang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Kamis (9/1/2020). Material longsor menumpuk di badan jalan menutup akses jalan alternatif Banjarnegara-Pekalongan dan jalur menuju objek wisata Dieng.

Dilansir dari sindonews.com, Camat Karangkobar, Waris Puji mengatakan, hujan deras yang turun selama 8 jam sejak Rabu (8/1/2020) siang, mengakibatkan tanah longsor di sejumlah wilayah. Khusus di Kecamatan Karangkobar, setidaknya terdapat 9 titik longsor, dan dua di antaranya menimpak akses jalan.

"Ada 9 titik yang longsor yang ada di Kecamatan karangkobar, dua di antaranya menimpa jalan. Ini alat berat tengah melakukan evakuasi untuk bisa membuka akses jalur secepatnya," kata Waris Puji, Kamis (9/1/2020).

Tanah longsor salah satunya menutup jalan alternatif Banjarnegara-Pekalongan. Tebing setinggi 20 meter longsor dan menimbun jalan setinggi 5 meter dengan panjang 14 meter.

Penggunaan alat berat untuk membuang material tanah ke tepian jalan. Diperkirakan akses sudah dapat terbuka pada Kamis (9/1/2020) sore ioni. "Pengendara motor harap berhati hati karena kondisi jalan yang licin dan masih memungkinkan terjadi longsor susulan," katanya.

Akses jalan menuju Karangkobar untuk sementara dialihkan melewati Pasar Gripit dan Beji. BPBD mengimbau bagi warga yang berada di zona bahaya longsor untuk tetap waspada. Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi selama 5 jam, maka harus menjauhi area tebing dan rekahan tanah.

4 Alat Berat Dikerahkan Buka Jalan Tertimbun Longsor di Banjarnegara


Loading...