Teror Anjing Hutan Mangsa Ternak Warga Terjadi di Gunung Halu

Teror Anjing Hutan Mangsa Ternak Warga Terjadi di Gunung Halu
Editor: S.N.A Teras KBB —Kamis, 9 Januari 2020 15:23 WIB
Terasjabar.id - Teror ajag atau anjing hutan serupa serigala meresahkan Warga Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pasalnya, anjing hutan tersebut telah memangsa puluhan ternak warga sejak dua bulan terakhir.

Tokoh pemuda Bunijaya, Gungun Sujatmika mengatakan, ajag tersebut memiliki postur badan yang lebih besar daripada anjing pada umumnya. Rata-rata mereka memangsa domba dan kambing warga yang berada di dalam kandang.

Dari kesaksian pemilik ternak, ujar Gungun, hewan dengan nama latin Cuon alpinus itu beraksi diikuti lebih dari enam anjing lainnya.

"Di kampung saya, Legok Bolang, ada lebih dari empat ekor domba. Katanya ajagnya hanya satu yang galak, tapi diikuti oleh anjing kampung yang ukurannya lebih kecil, lebih dari enam," kata Gungun saat dihubungi, Kamis (9/1/2020).

Menurutnya, mamalia tersebut merangsek masuk ke dalam kandang ternak melalui celah diantara tempat pakan.

"Masuknya ke situ, terus domba itu diseret ke luar. Kebanyakan hanya dimakan jeroannya saja, ada juga yang hanya digigit sampai mati," kata Gungun.

Kejadian ini juga, kata Gungun, terjadi di Kampung Cihurang, Cadas, Legokbolang, dan Warungkupa. Menurutnya dari semua kejadian itu, ada kejanggalan.

"Kalau lapar ya mungkin sehari atau dua hari lah, kalau ini belum 24 jam di malam berikutnya terjadi lagi. Sering sekali, dan kadang tidak dimakan, hanya digigit saja atau dibunuh," katanya.

Pernah warga melempari hewan itu dengan golok, namun tak mempan. "Malah mental goloknya, dilempar lagi, meleset, malah dinding bilik yang kena dan bolong," ucapnya. (SDK)

Teror Anjing Hutan Mangsa Ternak Warga Terjadi di Gunung Halu


Loading...