Jokowi Minta Dubes RI Gencarkan Diplomasi Ekonomi

Jokowi Minta Dubes RI Gencarkan Diplomasi Ekonomi
(Detik News : Google)
Editor: Jajang Hot News —Kamis, 9 Januari 2020 11:56 WIB

Terasjabar.id - seperti dilansir dari halaman resmi, Detik.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh duta besar RI untuk fokus pada diplomasi ekonomi. Sebab, menurut Jokowi, diplomasi ekonomi merupakan apa yang saat ini dibutuhkan oleh Indonesia.


"Saya ingin kita semuanya fokus kepada diplomasi ekonomi. saya ingin 70-80% apa yang kita miliki itu fokusnya di situ, diplomasi ekonomi karena itulah yang sekarang yang sedang diperlukan oleh negara kita," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI dengan Kemenlu di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1/2020).


Jokowi mengatakan politik dan ekonomi di dunia tengah penuh dengan ketidakpastian. Banyaknya konflik yang terjadi di berbagai wilayah, menurut dia, membuat pertumbuhan ekonomi sulit diharapkan."Terakhir saya bertemu dengan bank dunia dan IMF sama saja Presidennya mengatakan supaya hati-hati dalam mengelola ekonomi kita," kata dia.


"Tetapi kita harus yakin di tengah situasi yang penuh tantangan tersebut, negara kita Indonesia mampu berlayar, tetap berdiri tegak dalam rangka terus memperjuangkan kepentingan nasional kita. Kita tahu semuanya bahwa bapak ibu semuanya adalah duta besar sebagai duta perdamaian ini amanat konstitusi," sambung Jokowi.

Jokowi Minta Dubes RI Gencarkan Diplomasi EkonomiFoto: Rengga Sancaya


Jokowi pun menekankan pentingnya para duta besar berperan sebagai duta investasi. Namun, dia meminta agar para dubes memahami iklim investasi di Indonesia dalam kaitannya dengan diplomasi ekonomi tersebut."Oleh sebab itu penting sekali para duta besar ini sebagai Duta investasi. Yang pertama, sebagai Duta investasi, tetapi juga harus tahu investasi di bidang apa yang kita perlukan atau menjadi prioritas," kata dia.

jokowi diplomasi ekonomi kemlu


Loading...