Toni Kroos Cetak Gol Olimpiade, Apa Itu?

Toni Kroos Cetak Gol Olimpiade, Apa Itu?
(Detik Sport : Google)
Editor: Jajang Sport Style —Kamis, 9 Januari 2020 09:02 WIB

Terasjabar.id -  Toni Kroos mencetak gol Olimpiade saat Real Madrid menang 3-1 atas Valencia di Piala Super Spanyol. Gol seperti apa itu?Real Madrid bertanding melawan Valencia di babak semifinal Piala Super Spanyol yang berlangsung di King Abdullah Sports City Stadium, Arab Saudi, Kamis (9/1/2020) dini hari WIB.

 Los Blancos menutup pertandingan dengan kemenangan 3-1 dan berhak melaju ke babak final.Tiga gol Real Madrid di laga itu dicetak Kroos dan Isco di babak pertama, serta Luka Modric selepas turun minum. Sementara Valencia hanya mampu membalas lewat sepakan penalti Dani Parejo menjelang akhir laga.

Kroos menjadi perbincangan hangat dunia maya setelah mencetak gol pembuka Real Madrid di menit ke-15. Pemain asal Jerman itu melakukan tendangan sudut dari sisi kiri yang langsung menghujam gawang Valencia.Dalam istilah sepakbola, apa yang dilakukan oleh Kroos itu dikenal sebagai gol Olimpiade, yakni mencetak gol langsung dari tendangan sudut. Lantas, apa hubungan antara gol dari corner kick dengan pesta olahraga terbesar di dunia tersebut?

Gol Olimpiade pertama kali diperkenalkan tahun 1924

Usut punya usut, ternyata gol seperti itu tidak berkaitan langsung dengan ajang Olimpiade. Istilah tersebut pertama kali dikenal pada tahun 1924, yakni saat pertandingan persahabatan antara Argentina melawan Uruguay.
dilansir dari Detik.com, ketika itu Uruguay, yang merupakan juara bertahan medali emas Olimpiade 1924, menyerah 1-2 dari tangan Argentina.

Gol penentu kemenangan La Albiceleste dicetak Casareo Onzari dari tendangan sudut.Para media olahraga lokal yang terkesima kemudian memberikan julukan gol Onzari itu dengan nama Olimpico gol atau gol Olimpiade. Penamaan tersebut merujuk kepada titel juara Uruguay yang berhasil dikalahkan Argentina.



Sejak saat itu, beberapa pemain turut mencoba keberuntungannya mencetak gol dari tendangan sudut. Sepanjang sejarah, pemain-pemain top dunia semisal Zico, Diego Maradona, David Beckham, Ronaldinho, dan Roberto Carlos pernah menciptakan gol Olimpiade.Sementara itu, rekor pesepakbola terbanyak yang mencetak gol Olimpiade hingga saat ini dipegang pemain asal Turki, Sukru Gulesin. Ia tercatat pernah mencetak 32 gol langsung dari tendangan sudut sepanjang kariernya. Wow!

toni kroos real madrid valencia piala super spanyol


Loading...