Angkot Online Resmi Beroperasi di Kabupaten Bandung

Angkot Online Resmi Beroperasi di Kabupaten Bandung
Engkos Kosasih
Editor: Admin Teras Bandung —Rabu, 8 Januari 2020 16:44 WIB

Terasjabar.id - DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung bekerja sama dengan PT Teknologi Olah Rancang Nusantara (TRON) meluncurkan transfortasi angkot online trayek Banjaran-Soreang di Rumah Makan Panyaungan Jalan Raya Banjaran-Soreang Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, Rabu (8/1/2020).

Peluncuran transfortasi angkot online yang diresmikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung H. Teddy Kusdiana ini merupakan yang pertama sebagai moda transfortasi online di Kabupaten Bandung. Dalam peluncuran mengusung tema, "angkot oge bisa online".

Peluncuran transfortasi angkot online ini merupakan bagian dari progrm sambara satalen (sabilulungan angkutan massal dalem Bandung terintegrasi dalam sistem trayek berbasis online). Sebelumnya, peluncuran angkot online ini di Bekasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung H. Teddy Kusdiana mengatakan, peluncuran angkot online trayek Banjaram-Soreang ini menjadi pilot project dan nantinya akan dikembangkan di trayek lainnya di Kabupaten Bandung. Tetapi sebelumnya harus dilakukan evaluasi untuk menuju kesempurnaan. Hal itu untuk mengetahui dampak dan minat serta manfaatnya.

"Peluncuran angkot online sambara satalen ini merupakan menuju sabilulungan smart city," katanya.

Ia mengatakan, perkembangan informasi dan teknologi (IT) ini harus diikuti. Sebab, jika tak diikuti akan tertinggal oleh perkembangan zaman.

"Ini ada aspek IT-nya, dengan menggunakan aplikasi. Angkot online ini diharapkam dapat memberikan kemudahan dan ketepatan waktu kepada masyarakat. Poin pentingnya lebih meningkatkan minat masyarakat, berkaitan dengan publik transfortasi," katanya.

Teddy berharap dengan adanya angkot online ini dapat mengurangi kemacetan. Apalagi saat ini setiap tahun volume kendaraan terus bertambah, sedangkan ruas jalan tetap dan tak bertambah.

"Ini diharapkan dapat meminimalisir kemacetan. Selain itu menambah kesejahteraan masyarakat. Harapan lainnya, dapat memenuhi standar pelayanan angkutan umum kepada masyarakat," papar Teddy.

Ia pun berharap, melalui peluncuran aplikasi angkot online ini dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya angkutan umum.

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Bandung H. Zeis Zultaqawa mengatakan, program sambara satalen ini menjadi ikon program khusus Dishub Kabupaten Bandung.

"Program sambaran satalen ini untuk meningkatkan layanan angkutan umum yang terintegrasi, baik itu angkutan umun massal, feeder maupun angkutan lingkungan," kata Zeis.

Sedangkan CEO Tron, David Santoso mengatakan, kehadiran dsri aplikasi Tron dan angkot online ini sendiri merupakan bagian dari program sambara satalen.

"Program ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat masyarakat khususnya daerah Kabupaten Bandung dalam menggunakan angkutan umum. Diharapkan angkot online ini dapat mengurai kemacetan dan mengurangi polusi udara," harapnya.

David mentargetkan akan mengoperasionalkan lebih dari 10.000 angkot dengan menggunakan aplikasi Tron di tahun 2020 ini dan berekspansi ke kota-kota lain.

"Layanan ini kami hadirkan sebagai komitmen mengembangkan serta menghadirkan solusi kepada masyarakat dalam industri transfortasi publik online," kata David.

David mengatakan, di sisi kanan dan kiri badan angkot pun memiliki nomor lambung seperti TBR 0001 dan seterusnya.

"Hal ini untuk memudahkan penumpang mengetahui angkot yang menjemputnya. Mengenai jam operasional, angkot ini mulai beroperasi pada pukul 06.00-22.00 WIB," jelasnya.

 

(galamedianews.com)

 

Angkot Online Resmi Beroperasi di Kabupaten Bandung DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung


Loading...