Advertisement

Ciri-ciri Psikopat, Pernah Ketemu yang Seperti Ini?

Ciri-ciri Psikopat, Pernah Ketemu yang Seperti Ini?
Butuh pemeriksaan kejiwaan untuk mengetahui psikopat dengan pasti (Foto: iStock)
Editor: S.N.A Teras Health —Selasa, 7 Januari 2020 17:47 WIB

Terasjabar.id - Perkosaan berantai yang dilakukan WNI Reynhard Sinaga terhadap 48 pria di Inggris menggemparkan banyak orang. Terlebih, dalam persidangan disebutkan pria ini tidak merasa bersalah dan tampak sering tersenyum.

Dilansir dari DetikHealth, Tentunya tidak serta merta bisa disebut psikopat, karena ada rangkaian pemeriksaan kejiwaan untuk bisa sampai pada kesimpulan tersebut. Meski begitu, tudingan 'psikopat' banyak dialamatkan ke Reynhard lewat berbagai komentar di media sosial.

Dalam pemahaman awam, psikopat adalah orang jahat yang perilakunya tidak terduga, seperti Reynhard yang murah senyum tapi ternyata pemerkosa berantai. Tapi sebenarnya seperti apa sih ciri-ciri psikopat?

Dirangkum dari Forbes, berikut beberapa di antaranya.

1. Mereka sangat menawan
Psikopat biasanya tidak dianggap mengerikan pada awalnya dan disukai banyak orang. Mereka kerap pandai dalam membuat obrolan ringan dan selalu tahu hal yang benar untuk dikatakan.

Mereka dikenal cerdik dengan obrolan mereka. Cerita mereka biasanya selalu digambarkan dengan cara positif. Mereka menggunakan pujian untuk mendapatkan kepercayaan.

2. Kurangnya empati
Psikopat tidak peduli dengan orang lain, termasuk keluarga mereka. Ketika mereka menyakiti orang lain, mereka tidak mengalami kesulitan apapun. Mereka merasa mati rasa terhadap rasa sakit orang lain.

Sehingga dapat dikatakan mereka dapat melakukan hal-hal keji hanya dengan mengedipkan mata. Ketika ada seseorang yang mencoba mengusik perbuatannya, mereka biasanya tidak akan mau bertanggung jawab atas hal tersebut.

3. Menguasai orang lain
Seorang psikopat yang pandai memulai pembicaraan dengan orang lain akan mudah memahami emosi orang lain. Psikopat menggunakan rasa bersalah dan sanjungan untuk dapat memanipulasi korban.

Dengan begitu mereka mudah mendapatkan simpati dari orang lain. Mereka mengaku sebagai korban dalam upaya untuk menipu orang lain agar membantu mereka.


4. Tidak memiliki hati nurani
Dengan kebiasaan kejinya psikopat dianggap tidak memiliki hati nurani. Mereka kerap menyangkal kesalahan dan menyalahkan orang lain, sering mengatakan bahwa seseorang pantas diperlakukan dengan buruk.

Selain itu, mereka juga tidak peduli siapa yang harus mereka sakiti. Mereka bersedia melakukan apa pun untuk memenuhi tujuan mereka dan mereka tidak akan merasa buruk tentang kerusakan perilaku mereka yang menyebabkan orang lain.

5. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
Sama seperti narsisme, psikopat memiliki aturan yang biasa tidak berlaku pada mereka. Inilah yang menyebabkan banyak psikopat melakukan kejahatan tanpa takut tertangkap. Mereka selalu berpikir bahwa mereka lebih pintar dari orang lain dan menganggap selalu bisa lolos dengan apapun yang diinginkan.

Mereka hanya mementingkan diri sendiri dan percaya bahwa mereka lebih baik dan lebih pantas daripada bagian dunia lainnya.

Ciri-ciri Psikopat Pernah Ketemu yang Seperti Ini?


Related Post


 


Loading...