Dua Warga Terseret Arus di Sungai Citanduy, Satu Orang Selamat, Begini Kronologinya

Dua Warga Terseret Arus di Sungai Citanduy, Satu Orang Selamat, Begini Kronologinya
(Radar Tasikmalaya : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 5 Januari 2020 09:32 WIB

Terasjabar.id – Iing (62) dan Nana (50) warga Dusun Girimulya Rt 38 RW 08 Desa Neglasari Kecamatan Pamarican Ciamis tenggelam terseret arus deras Sungai Citanduy saat menjala ikan di Muara Majingklak, Dusun Majingklak, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, perbatasan dengan Blok Karanganyar Kawunganten Cilacap, Sabtu  (4/1) pukul 08.00 pagi.

Iing berhasil diselamatkan nelayan dan warga setempat beberapa saat setelah kejadian.

Sementara Nana sampai menjelang magrib Sabtu (4/1) petang belum berhasil ditemukan.

“Tadi sore yang ketemu baru dua buah jala milik kedua korban. Korban Nana belum diketahui nasibnya,” ujar Nana Nay Suryana, Koordinator Forum Tagana Kabupaten Pangandaran, kepada Tribun Sabtu (4/1).

Pencarian korban melibatkan sekitar 30 orang diantaranya dari SAR Sawung Galih Majingklak, SAR MTA, BPBD dan SAR Wijayakusumah Cilacap, TNI /Polri serta Tagana Pangandaran.  

Tagana Pangandaran mengerah 13 anggotanya untuk melakukan pencarian sejak pukul 15.00 yang dipimpin langsung Nana Nay Suryana.

“Kami bawa peralatan berupa pelampung dan bogi boat. Untuk penyisiran lokasi kami menyewa perahu nelayan setempat. Tim Tagana bergabung dengan SAR yang sudah duluan di lokasi melakukan pencarian korban,” katanya.

Pukul 17,00 tim SAR gabungan berhasil menemukan dua jala yang digunakan kedua korban saat kejadian. “Biasanya jala itu diikat di tangan tapi ini jala nya sudah lepas. Berarti korban Nana sudah terserat agak jauh dari lokasi,” jelas Nana Nay.

Menjelang magrib pencarian korban dihentikan karena kondisi cuaca sudah gelap menjelang malam, sementara arus Sungai Citanduy semakin deras dan keruh cukup menjadi kendala pencarian korban.

Pencarian korban sempat dilakukan dengan penyisiran muara Majingklak baik yang ke arah Segara Anakan maupun ke arah Palawangan sisi Pulau Nusakambangan dan muara Majingklak.

“Pencarian akan dilanjutkan besok (Minggu, 5/1). Mudah-mudahan Basarnas bisa bergabung. Kami sudah informasikan kejadiannya ke Basarnas Tasikmalaya. Kami balik kanan ke Pangandaran tadi setelah magrib dan baru saja tiba di Pangandaran besok rencananya kembali ke lokasi untuk melakukan pencarian,” katanya.


Kronologis Kejadian

Kronologis kejadian yang menimpa  Iing (62) dan Nana (50),  warga Girimulya Neglasari Pamarican Ciamis tersebut berawal dari rencana kedua korban yang berprofesi sebagai petani tersebut untuk menjala ikan di muara Sungai Citanduy di Majingklak.

Sabtu (4/1) sekitar pukul 04.00 subuh kedua korban berangkat dari Pamarican. Pukul 05.00 tiba di Majingklak.

Mereka menyewa perahu dari nelayan setempat untuk menjala ikan di Muara Majingklak.

Pukul 08.00 Sabtu (4/1) pagi tersebut Nana terjatuh dari perahu saat ngalintar (melempar jala untuk menangkap ikan).

Nana tenggelam terseret arus Sungai Citanduy yang cukup deras. Iing yang berupaya menyelamatkan kawannya itu malah ikut terseret arus Sungai Citanduy.

Tapi Iing berhasil diselamatkan  nelayan dan warga setempat. Iing kemudian oleh warga dan petugas Dermaga Majingklak dibawa ke Puskesmas Kalipucang.

Nelayan dan warga setempat berupaya mencari Nana yang belum diketahui nasibnya.

Siang harinya sejumlah aktivis SAR berdatangan untuk melakukan pencarian.

Baik itu SAR Sawung Galih Majingklak, SAR dan BPBD Cilacap, SAR MTA maupun anggota TNI/Polri.

Sore harinya Tim Tagana Kabupaten Pangandaran ikut bergabungan melakukan pencarian. Pukul 17.00, jala yang digunakan korban untuk menangkap ikan ditemukan.

Tapi sampai menjelang magrib, nasib Nana belum diketahui dan pencarian terpaksa dihentikan karena hari sudah mulai gelap dan arus Sungai Citanduy di Muara Majingklak semakin deras. “Pencarian akan dilanjutkan besok (Minggu, 5/1),” ujar Koordinator Tagana Kabupaten  Pangandaran, Nana Nay Suryana (andri m dani)
Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

Terseret Arus Tenggelam Sungaii Citanduy 2 Korban Desa Neglasari Ciamis


Loading...