Sering Dilakukan Padahal Bisa Berakibat Fatal, Inilah 7 Kesalahan Dalam Minum Obat!

Sering Dilakukan Padahal Bisa Berakibat Fatal, Inilah 7 Kesalahan Dalam Minum Obat!
Editor: S.N.A Teras Health —Minggu, 5 Januari 2020 09:20 WIB

Terasjabar.id - Mengkonsumsi obat merupakan salah satu cara agar sembuh dari penyakit. Tetapi jika terjadi salah minum obat bisa menimbulkan risiko penyakit serius atau bahkan berakibat fatal. Tapi tetap saja, banyak orang membuat kesalahan saat mengkonsumsi obat setiap tahunnya.

Untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang sedang kita derita, kita pun akan diminta untuk mengkonsumsi obat secara teratur. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih cenderung kurang bijak dalam mengkonsumsi obat-obatan.

Menurut laporan, lebih dari 1,5 juta orang telah salah minum obat setiap tahunnya. Sebagian besar yang salah minum obat tersebut adalah kelompok warga lanjut usia.

Lantas, bagaimana caranya supaya tidak sampai salah minum obat? Berikut dilansir dari WowKeren, 7 kesalahan yang sering dilakukan saat minum obat. Yuk disimak!

1. Mencampur-Campur Obat Yang Akan Diminum Akan Menimbulkan Masalah Kesehatan


Mencampur-campur Obat Yang Akan Diminum Akan Menimbulkan Masalah Kesehatan

Banyak orang yang cenderung terlalu terburu-buru dan langsung mencampur beberapa obat sekaligus. Namun hal ini rupanya sangat berbahaya dan tidak dianjurkan.

Minum dua macam obat yang memiliki khasiat bertolak belakang bisa membuat kalian malah sakit. Interaksi dari dua obat tersebut dalam tubuh dapat mengurangi efektivitasnya, dan bahkan dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan.

2. Minum Obat Tidak Sesuai Jadwal Juga Merupakan Kesalahan


Minum Obat Tidak Sesuai Jadwal Juga Merupakan Kesalahan

Masyarakat Indonesia masih sering mengkonsumsi obat-obatan dalam jarak yang berdekatan. Sebagai contoh, seorang pasien diberi obat 3 kali dalam sehari dan akhirnya mengkonsumsinya sesuai dengan waktu makan kita, yakni pagi, siang, dan malam. Padahal, yang benar adalah delapan jam sekali.

Sebenarnya, konsumsi obat ini disesuaikan dengan waktu 24 jam dalam sehari yang dibagi tiga. Jika dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan, sebagai contoh, kita mengkonsumsi obat setelah makan, padahal, waktu makan pagi dan makan siang kita seringkali berdekatan, hal ini bisa menyebabkan dosis obat yang kita konsumsi menjadi berlebihan.

3. Jangan Mencampur Obat Dengan Makanan-Minuman Sembarangan


Jangan Mencampur Obat Dengan Makanan-minuman Sembarangan

Terkadang, banyak orang mengkonsumsi obat-obatan dengan minuman lain. Hal itu mengurangi efek dari obat yang dikonsumsi. Minuman seperti kopi maupun soda jelas tidak dianjurkan, begitu pula dengan teh. Ini membuat tubuh mengurangi proses penyerapan obat-obatan. Obat-obatan juga tidak boleh dikonsumsi dengan susu karena bisa membuat lemah efek obatnya.

Kalian juga harus berhati-hati dengan makanan ketika mengkonsumsi obat. Jenis obat tertentu tidak boleh diminum ketika makan. Kalian juga harus berhati-hati agar tidak mencampurnya dengan makanan yang kaya akan serat karena bisa menghilangkan sebagian komponen dalam obat yang berguna bagi tubuh.

4. Membuka Kapsul Atau Menggerus Pil Ternyata Sangat Tidak Disarankan


Membuka Kapsul Atau Menggerus Pil Ternyata Sangat Tidak Disarankan

Pemberian obat dengan kapsul pada dasarnya memiliki alasan tersendiri yang membedakannya dengan tablet atau kaplet. Cangkang kapsul terbuat dari bahan gelatin yang relatif aman bagi tubuh. Obat dikemas dalam bentuk kapsul, biasanya bertujuan untuk mengatur masa kerja obat dalam tubuh. Hal ini juga berlaku untuk proses minum obat dengan menggerus pil.

Hal ini didasarkan pada prinsip dimana cangkang kapsul akan dicerna perlahan oleh asam lambung dan obat akan diserap secara bertahap dalam jangka waktu tertentu. Dengan membuka cangkang kapsul, hal ini secara tidak langsung mengganggu mekanisme dari kerja obat yang ditargetkan sejak awal. Pada sebagian kasus hal ini bisa menimbulkan efek samping yang kurang nyaman atau kelebihan dosis.

5. Berhenti Minum Obat Sebelum Habis Juga Enggak Disarankan


Berhenti Minum Obat Sebelum Habis Juga Enggak Disarankan

Saat merasa sudah sembuh, biasanya banyak orang akan berhenti minum obat meskipun masih tersisa beberapa butir obat dari dosis yang sudah diberikan oleh dokter. Padahal bisa menyebabkan penyakit kita datang lagi.

Sebab itu, meskipun sudah merasa sembuh, sebaiknya obat tersebut diminum sampai habis. Apalagi jika obat yang diberikan adalah jenis antibiotik. Antibiotik harus dihabiskan sesuai anjuran dokter meski kalian sudah sembuh dari penyakitnya.

6. Bahaya, Jangan Sekali-Kali Meminum Obat Tanpa Resep


Bahaya, Jangan Sekali-kali Meminum Obat Tanpa Resep

Salah satu kesalahan umum adalah mengira-ngira sendiri obat yang paling tepat untuk diminum untuk mengatasi penyakit yang diderita. Lebih baik memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter jika mengalami sakit.

Selain itu, ada kalanya orang minum obat orang lain karena mendapat saran obat tersebut cocok. Hanya karena menderita penyakit yang sama, bukan berarti obatnya juga sama. Dokter meresepkan obat berdasarkan tingkat kebugaran, usia, dan komplikasi medis lainnya. Mengkonsumsi obat orang lain bisa membuat kesehatan kalian semakin memburuk.

7. Tidak Memiliki Pengetahuan Tentang Obat Yang Dikonsumsi


Tidak Memiliki Pengetahuan Tentang Obat Yang Dikonsumsi

Kapan pun dokter memberi kalian obat-obatan baru atau mengkonsumsi obat-obatan bebas, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan lengkap tentangnya. Misalnya mengenai cara minumnya, waktu mengkonsumsinya dan efek samping yang ditimbulkannya.

Karena dengan mendapatkan pengetahuan lengkap tentang obat-obatan yang akan digunakan dapat mencegah kalian dari kesalahan pengobatan. Cara kerja obat juga akan semakin efektif jika kalian paham bagaimana kandungan dan efek dari obat tersebut.

Sering Dilakukan Padahal Bisa Berakibat Fatal Inilah 7 Kesalahan Dalam Minum Obat!


Loading...