Mulai Bosan, 5 Tren Kecantikan Ini Diprediksi Meredup di Tahun 2020

Mulai Bosan, 5 Tren Kecantikan Ini Diprediksi Meredup di Tahun 2020
Ilustrasi lipstik. (Unsplash/Malvestida Magazine)
Editor: S.N.A Life Style —Minggu, 5 Januari 2020 08:42 WIB

Terasjabar.id - Tren kecantikan memang dapat terus berubah seiring perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen. Beberapa bisa bertahan dalam waktu lama tapi banyak juga yang meredup popularitasnya setelah tahun berganti.

Melansir Dewiku.com, ada beberapa tren kecantikan yang diperkirakan mulai ditinggalkan pada 2020 ini. Berikut lima di antaranya.

1. Penggunaan highlighter untuk efek wajah bersinar

Anda mungkin sering melihat influencer tampil dengan tulang pipi dan hidung nan glowing di YouTube maupun Instagram. Mereka mengandalkan highlighter untuk menonjolkan bagian tertentu.

Namun, tren highlighter dikatakan sebenarnya sudah mulai ditinggalkan perlahan sejak 2016. Selain itu selama tiga tahun terakhir, banyak utas di media sosial Reddit yang menyebut bahwa orang-orang telah bosan dengan tren kecantikan ini.

Ilustrasi makeup glitter. (Unsplash/Karina Tess)
Ilustrasi makeup glitter. (Unsplash/Karina Tess)

2. Makeup glitter

Beberapa tahun terakhir, glitter bermunculan di berbagai produk kecantikan, termasuk lipstik, eyeliner, bahkan masker wajah. Namun, belakangan orang-orang mulai menyadari bahwa efeknya tidak seglamor yang dibayangkan.

Di sisi lain, glitter disebut sangat berbahaya bagi lingkungan karena umumnya terbuat dari mikroplastik yang bisa mencemari air. Glitter juga disebut dapat memecah kulit serta melepaskan bahan kimia yang bisa mengganggu hormon manusia dan hewan.

Nah, mengingat betapa semakin banyak orang yang sadar lingkungan, sangat mungkin mereka tak akan melirik produk kecantikan berbasis glitter lagi.

3. Bentuk alis sempurna

Tahun 2020 nanti, orang-orang diperkirakan tak lagi berusaha terlalu keras untuk mendapatkan bentuk alis sempurna.

"Alis yang benar-benar penuh, tanpa karakter, terlihat sama untuk semua orang, sudah pasti akan ditinggalkan," ungkap ahli kecantikan alis, Kristin Fisher, kepada Harper’s BAZAAR, masih melansir Insider.

Dia bilang, orang-orang memang akan terus merawat alis mereka. Namun, mereka tidak lagi terobsesi dengan bentuk yang terkesan seragam dengan kebanyakan orang.

5 Tips Gunakan Lipstik Agar Awet Seharian (shutterstock)
Perempuan menggunakan lipstik matte. (Shutterstock)

4. Lipstik matte

Lipstik cair dengan efek matte sempurna mulai naik daun sejak tahun 2019. Namun, tren kecantikan ini disebut bakal mencapai titik jenuh pada 2020 mendatang. Ada kemungkinan pecinta makeup bakal kembali pada produk yang lebih glossy.

Orang-orang kini lebih tertarik dengan kecantikan alami. Tampilan bibir matte dianggap tak mendukung konsep tersebut.

5. Tisu makeup

Ada banyak jenis tisu penghapus makeup di pasangan. Kendati praktis, orang-orang sepertinya kurang menyukai produk ini untuk membersihkan wajah mereka.

Tren kecantikan ini dikatakan tidak cuma buruk untuk kesehatan kulit tapi juga kelestarian lingkungan. Real Simpel sebelumnya melaporkan bahwa 20 juta pon tisu sekali pakai dibuang setiap hari dan menjadi sampah yang tidak bisa terurai.

Nah, lagi-lagi karena generasi muda masa kini sangat peduli dengan isu kelestarian lingkungan dan perubahan iklim, mereka kemungkinan besar bakal mengabaikan tisu makeup. Mereka lebih baik memakai kain yang dapat digunakan kembali atau sikat elektronik untuk membantu membersihkan wajah.

Mulai Bosan 5 Tren Kecantikan Ini Diprediksi Meredup di Tahun 2020


Loading...