Telkomsel dan XL Axiata Pulihkan Jaringan Telekomunikasi Pasca-Banjir

Telkomsel dan XL Axiata Pulihkan Jaringan Telekomunikasi Pasca-Banjir
(Okezone Techno : Google)
Editor: Jajang Teras Techno —Sabtu, 4 Januari 2020 16:32 WIB

Terasjabar.id - Beberapa operator mengerahkan upayanya untuk memulihkan layanan telekomunikasi pasca-banjir yang melanda sejumlah titik di Jakarta. Seperti diketahui, layanan telekomunikasi sempat terganggu karena padamnya listrik untuk membuat BTS bisa beroperasi.

Untuk mengatasi masalah ini, operator telah menyediakan genset agar beberapa BTS yang terkendala pasokan listrik bisa berfungsi.Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata.

Kendati demikian, ada beberapa BTS yang terkena dampak karena padamnya pasokan listrik di area banjir di Jakarta. Menurutnya, ini mengurangi kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di beberapa wilayah yang terkena banjir tersebut, dilansir dari Okezone.com.

"Saat ini team teknis kami di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi," kata Tri Wahyuningsih, Jumat (3/1/2020).Sementara itu, Telkomsel menyatakan bahwa layanan suara, SMS maupun internet Telkomsel telah berfungsi normal, termasuk di wilayah Bekasi yang sebelumnya mengalami penurunan kualitas jaringan.

 Beberapa operator mengerahkan upayanya untuk memulihkan layanan telekomunikasi pasca-banjir.

"Perangkat pendukung, terutama untuk pasokan listrik cadangan seperti perangkat baterai maupun mobile back-up power / mobile genset sudah disiagakan dan diaktifkan di sejumlah titik, khususnya di titik BTS yang masih terdampak," kata Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel.

Ia mengatakan, tim teknis Telkomsel melakukan pengecekan dan tetap berupaya maksimal untuk pemulihan layanan secara menyeluruh. Saat ini pengamanan kualitas jaringan juga diprioritaskan di sejumlah titik objek vital seperti Posko Penanggulanan Bencana, Bandara, serta Kantor instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi yang intensif.

Telkomsel juga telah mengoperasikan tim unit siaga bencana, yaitu tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari titik terdekat untuk mendukung proses evakuasi korban terdampak bencana banjir di Jabotabek, terutama di wilayah Bekasi sekaligus membantu percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.

XL Axiata Telkomsel Layanan Telekomunikasi BTS Operator operator


Loading...