Sahabat Ungkap Sifat Asli Lina Mantan Istri Sule, Rizky Febian Sang Anak Sempat Rasakan Firasat Aneh

Sahabat Ungkap Sifat Asli Lina Mantan Istri Sule, Rizky Febian Sang Anak Sempat Rasakan Firasat Aneh
IDN Times
Editor: Malda Teras Seleb —Sabtu, 4 Januari 2020 15:43 WIB

Terasjabar.id - Suasana duka tengah menyelimuti keluarga dari komedian Entis Sutisna alias Sule dan penyanyi Rizky Febian.

Lina Zubaedah, mantan istri Sule dan ibu dari Rizky Febian meninggal dunia dalam perjalanan menuju RS Al Islam Bandung, Sabtu (4/1/2020), sekitar pukul 05.30 WIB.

Jenazah Lina sempat disemayamkan di rumah duka di Jalan Neptunus, Margahayu Raya, Kota Bandung, sebelum di akhirnya dikebumikan di TPU Sekelimus.

Meninggalnya Lina tidak hanya menyisakan duka bagi keluarganya, namun juga sosok yang mengenal baik almarhumah, salah satunya, pencipta lagu dan juga seorang pengacara, Dose Hudaya.

Bagi Dose, almarhumah selain dikenalnya sebagai seorang penyanyi tembang Sunda berbakat, tetapi juga sosok pribadi yang baik.

Hal tersebut diungkapkannya karena Lina merupakan seorang penyanyi yang sempat bekerja sama dengan dirinya, dengan menyanyikan lagu ciptaannya yang berjudul 'Midangdam Cinta'.

"Teh Lina bagi saya sosok yang baik, ramah, dan juga sayang sama anak-anaknya. Saya kenal beliau, waktu itu kami pernah kerjasama sebuah proyek rekaman dan syuting karena nyanyiin lagu ciptaan saya," ujarnya usai melayat dan turut menyalatkan jenazah Lina di Masjid Al Muhajirin RW 08 Jalan Margahayu Raya Barat, Buah Batu Kota Bandung. Sabtu (4/1/2020).

Sementara itu, Rizky Febian, anak sulung Lina dan Sule, mengaku merasakan pertanda sebelum sang ibu di panggil berpulang oleh Tuhan.

Hal itu menurutnya terjadi, saat Lina yang meminta agar dirinya bersama sang adik untuk bertemu dengan sang ibu di Garut, karena momentum liburan.

Rizky Febian, anak Lina dan Sule, ditemui wartawan di sela pemakaman, Bandung, Sabtu (4/1/2020)
Rizky Febian, anak Lina dan Sule, ditemui wartawan di sela pemakaman, Bandung, Sabtu (4/1/2020) (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

Pertemuan itu pun dikabulkan Rizky Febian, terlebih dirinya merasa terlalu sibuk sehingga jarang mengunjungi ibunya.

“Tiba-tiba mamah chat minta harus ketemu, minta harus kumpul di Garut, dari situ firasat sudah enggak enak,” ujarnya saat ditemui di rumah duka.

Dalam pertemuan itu, lanjutnya, Lina bercerita kepadanya tentang sempat bermimpi di antar ke surga dan berpesan kepada Rizky Febian untuk tidak melupakan sedekah dan pelajaran agama lainnya.

“Pas udah nyampe dan ketemu, mamah menceritakan tentang dirinya yang diantar ke surga, melihat air terjun dan segala macam di sana. Jadi obrolannya kaya yang ngelantur, soalnya menjurus ini itu di surga," kata penyanyi yang akrab disapa Iki itu.

Rizky Febian menambahkan, saat mendengar kabar ibunya telah tiada, saat itu dirinya baru tiba di Jakarta.

Ia pun bergegas bertolak ke Bandung. Bahkan, saat sepanjang perjalanan dirinya mengaku menahan tangis,
karena tak ingin melihat adiknya bersedih dalam momentum berduka ini.

“Saya yakin juga Allah memberikan keputusan seperti ini sebagai cara yang terbaik dari Allah untuk mamah
Cuma, ya bagaimana yang menjadi sedihnya itu, kalau Iki ingat belum bisa membahagiakan mamah,” ujar Rizky Febian.

Menurutnya, meninggalnya sang ibu, bukan disebabkan oleh penyakit jantung melainkan karena kehendak takdir Tuhan semata.

Sebab, berdasarkan sepengetahuannya, Lina tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Namun, beberapa kali sang ibu mengeluhkan sakit lambung dan sesak nafas.

Terlebih, kata Rizky Febian, Lina kerap memeriksakan kondisi jantung dan paru-parunya yang hasilnya menunjukan tidak adanya masalah apapun.

Sambil meneteskan air mata, Rizky Febian pun mengungkapkan bahwa dirinya bisa sukses berkarier di dunia hiburan saat ini, tidak terlepas atas bantuan dari doa ibunya.

Ia tidak bisa menampik bahwa ibunya turut andil besar membawanya sampai pada titik ini.

"Iki bisa ada di titik ini karena mamah lah. Aku ada di dunia entertainment, ada di dunia ini, karena mamah lah, karena doa paling di-jaba (dengar) adalah doa orang tua, meski pun dalam dua tahun kemarin banyak perihal yang gak bisa buat Iki ketemu," ujar Rizky Febian.

Dirinya mengatakan, terdapat beberapa pesan yang disampaikan kepadanya sebelum meninggal dunia, selain untuk senantiasa mengerjakan perintah Allah Swt, tapi juga memintanya untuk selalu menjadi pribadi yang rendah hati, selalu menghargai sesama, juga menyatukan keluarga dan saudara.

"Pesan yang paling berkesan yaitu, untuk selalu bisa menghargai sesama, harus bisa menyatukan saudara, harus bisa rendah hati dengan apa yang Iki punya," katanya.

(Tribunjabar.id)

Lina Istri Sule Sule Rizky Febian Meninggal Dunia Pemakaman Bandung


Loading...