Hujan Deras Disertai Angin Kencang Terjang Kulonprogo,

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Terjang Kulonprogo,
Warga melihat kondisi rumahnya yang hancur tertimpa pohon tumbang. (Foto: iNews.id/Kuntadi).
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 4 Januari 2020 07:37 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah rumah warga di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta (DIY), rusak tertimpa pohon tumbang. Kondisi ini terjadi pascahujan deras disertai angin kencang melanda daerah tersebut.

Dilansir dari inews.id, Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariyadi mengatakan, hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan bencana pohon tumbang di wilayah Kecamatan, Wates, Sentolo, Pengasih, Panjatan dan Temon.

"Sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga, menutup jalan dan memutus jaringan listrik dan telepon," kata Ariyadi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (3/1/2020).

Menurut dia, hingga kini BPBD masih melakukan pendataan korban serta kerusakan yang ditimbulkan. Petugas juga sedang berupaya membersihkan batang dan ranting pohon tumbang tersebut.

Saat ini fokus penanganan yakni menyingkirkan pohon tumbang yang menutup jalan. Di antaranya berada di kawasan UNY Kampus Wates, depan Kantor DPRD Kulonprogo, Jalan Derwolo dan Kaliagung.

"Petugas Tim Reakasi Cepat (TRC) yang disiagakan langsung meluncur ke lokasi kejadian dan bersama warga melakukan pembersihan. Beberapa titik sudah ditangani," katanya.

Data di BPBD Kulonprogo, untuk sementara ada sekitar tujuh rumah warga yang tertimpa pohon tumbang. Paling parah berada di Pedukuhan Kalisoka, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih.

Selain itu, pohon tumbang juga merusak jaringan listrik dan kabel telepon. Akibatnya, aliran listrik di Wates, Pengasih dan sekitarnya sempat padam beberapa saat.

Hujan Deras Angin Kencang Terjang Kulonprogo DI Yogyakarta


Loading...