Banjir Masih Setinggi 2 Meter di Kawasan Pangadegan, 1.407 Masih Mengungsi

Banjir Masih Setinggi 2 Meter di Kawasan Pangadegan, 1.407 Masih Mengungsi
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 3 Januari 2020 16:36 WIB

Terasjabar.id - Banjir yang melanda kawasan Pangadegan, Jakarta Selatan (Jaksel), belum surut sepenuhnya. Akibatnya, 1.407 warga masih mengungsi akibat banjir.

"Adapun jumlahnya sampai dengan saat ini sudah turun sampai dengan sekitar 1.407 jiwa yang tersebar di 7 titik lokasi pengungsi," kata Lurah Pengadegan, Azhari, di Kantor Kelurahan Pengadegan, Jalan Pengadegan Timur, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Banjir Masih 2 Meter, Ribuan Warga Pengadegan Jaksel Bertahan di PengungsianLurah Pengadegan Azhari (Rahel/detikcom)


Azhari mengatakan ada 9 wilayah Pengadegan yang sempat terkena banjir. Namun satu-satunya titik di Pengadegan yang masih memiliki genangan banjir hingga hari ini adalah di kawasan Kampung Lubang yang mencakup tiga RT. Menurutnya, ketinggian di lokasi tersebut masih sekitar 2 meter.

"Untuk di wilayah kita yang tergenang itu hanya tinggal RT 5,6,7/RW 01 (Kampung Lubang) yang ketinggiannya sekarang, dari yang kemarin sekitar 4 meter, sekarang sudah turun secara signifikan sekitar kurang-lebih tinggal 2 meter," ujar Azhari.

Azhari juga mengatakan jumlah pengungsi terbanyak ada di kawasan GOR Pengadegan. Lokasi tersebut memang sengaja dikhususkan bagi penghuni yang tinggal di Kampung Lubang.

"Kalau untuk di GOR itu memang kita peruntukan khusus untuk warga Kampung Lubang RT 5, 6, 7 karena kita menyadari bahwasanya itu adalah terdampak yang paling lama surutnya. Itu ada sekitar 528 jiwa yang ada di GOR Kecamatan Pancoran," ujar Azhari.

Sejauh ini pihak kelurahan mengaku telah mempersiapkan tempat dan kebutuhan bagi para pengungsi banjir. Selain itu, dia telah berkoordinasi dengan Basarnas, PMI, dan relawan terkait bantuan kepada korban.


Azhari menyebut kebutuhan pangan dan medis bagi pengungsi sudah terpenuhi. Namun salah satu kebutuhan warga yang belum terpenuhi adalah bantuan pascabanjir seperti alat-alat untuk membersihkan rumah.

"Mereka saat ini memang yang pertama membutuhkan nanti pascabanjirnya. 'Pak, kami mohon minta diberikan bantuan terkait dengan pascabanjir'. Karena saat ini sudah surut secara bertahap. Mereka membutuhkan yang pertama alat-alat kebersihan karena mereka tidak memiliki, karena semua sudah terendam," tutur Azhari. Disadur dari Detik.com

Banjir Pengungsian 1.407 Warga Kawasan Pangadegan Jakarta Selatan


Loading...