3 Hari Setelah Banjir Bandang Cimareme Bandung Barat, Puing-puing barang Akibat Banjir Diangkut ke TPA Sarimukti

3 Hari Setelah Banjir Bandang Cimareme Bandung Barat, Puing-puing barang Akibat Banjir Diangkut ke TPA Sarimukti
DANDIM 0609 Letkol Ard. Teguh Waluyo dan Kapolres Cimahi saat ditemui usai melakukan kerja bakti di Kompleks Cimareme Indah, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.* /AMIR FAISOL/PR
Editor: Admin Teras KBB —Jumat, 3 Januari 2020 13:28 WIB

Terasjabar.id - Warga Kompleks Cimareme Indah, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat mulai mebersihkan puing-puing barang yang rusak, setelah wilayahnya tergenang banjir bandang.

Banjir bandang Cimarame terjadi pada Selasa 31 Desember 2019 lalu.

Kini, puing-puing sampah ini diangkut ke TPA Sarimukti.

Warga juga dibantu oleh Komando Distrim Militer (Kodim) 0609 Kabupaten Bandung, Kepolisian Resor (Polres) Cimahi beserta BPBD Dan Satpol PP Kabupaten Bandung Barat. Kerja bakti dilakukan sejak pukul 08.00.

Selain itu, warga juga mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Cimahi dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat. Setidaknya ada sekira dua mobil tangki yang disalurkan.

Warga juga melakukan penangulangan air dengan tanah yang disusun menggunakan sak di pinggir kali dekat perumahan Kompleks Cimareme Indah yang terkena banjir tiga hari lalu.


Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Polres Cimahi beserta relawan melakukan penangulangan air di aliran sungai dekat perumahan Kompleks Cimareme Indah Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.
Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Polres Cimahi beserta relawan melakukan penangulangan air di aliran sungai dekat perumahan Kompleks Cimareme Indah Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.


Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya air dari kali tersebut ke perumahan warga.

Kapolres Cimahi AKBP Yoris menyampaikan pihaknya mengerahkan 350 personel gabungan termasuk dari Kodim 0609 dan relawan untuk membersihkan puing-puing barang yang rusak akibat banjir.

Dikatakannya, warga senang dan antusias lantaran mendapatkan bala bantuan untuk memulihkan kembali kompleksnya akibat banjir bandang Cimareme.

"Yang Kita ambil yang kita bantu puing-puing dan barang yang tidak dipakai lagi," kata AKBP Yoris saat ditemui di Kompleks Cimareme Indah Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Jumat, 3 Januari 2020.

Yoris juga terus mengimbau warga agar terus melakukan tindakan yang antisipatif mengingat musim hujan masih akan terjadi hingga dua bulan ke depan.

Terlebih lagi, dia mengajak warga untuk tidak membuang sampah disekitar sungai untuk menghindari air tergenang dan masuk ke area kompleks.

"Karena banjir ini juga kadang karena sampah di panggir sungai," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang Kabupaten Bandung Barat. Banjir bandang menerjang dua kecamatan, yaitu Kecamatan Padalarang dan Ngamprah.

Di kecamatan Padalarang, banjir bandang menerjang lima desa, yakni Kertamulya, Cipeundeuy, Mekarsari, dan Kertajaya. Sementara diNgamprah, banjir terjadi di 3 desa, yakni Cilame, Cimareme, dan Margajaya, serta 1 kejadian longsor di Desa Gadobangkong.

Banjir bandang Cimareme dipicu hujan deras yang terjadi sekira pukul 16.00. sejumlah drainase tersumbat. Akibatnya air naik hingga mencapai satu meter.

(pikiran-rakyat.com)

Banjir Bandang Cimareme Bandung Barat Puing-puing barang Diangkut ke TPA Sarimukti


Loading...