Terdampak Banjir Bandang, Warga Desa Mekarsari Minta Sebut yang Terparah Selama 10 Tahun Terakhir

Terdampak Banjir Bandang, Warga Desa Mekarsari Minta Sebut yang Terparah Selama 10 Tahun Terakhir
(Foto: Whisnu Pradana)
Editor: Admin Teras KBB —Jumat, 3 Januari 2020 12:34 WIB

Terasjabar.id - Warga Kampung Lebaksari RT 01/02, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), was-was diterjang banjir bandang lagi.

Warga kampung yang berada di kawasan pembangunan trase Kereta Cepat Jakarta Bandung (KJCB) itu diterjang banjir bandang setinggi 1,5 meter bercampur lumpur pada Selasa (31/12/2019) sore.

Menurut Ghoir (35), warga setempat, banjir tersebut merupakan kiriman dari wilayah KBB yang posisinya lebih tinggi. Air yang mengalir di saluran pembuangan depan rumahnya tak tertampung hingga meluber dan merendam ratusan rumah warga.

"Jadi di depan itu ada gorong-gorong yang mengalirkan air, tapi tidak bisa menampung debit air dari atas jadi meluber. Diameter gorong-gorongnya juga cuma 1 meter, belum lagi disumbat sama sampah," ujar Ghoir saat ditemui, Jumat (3/1/2020).

(Foto: Whisnu Pradana)

Agar kekhawatiran warga bisa berkurang, ia meminta pihak terkait untuk memperbaiki saluran tersebut. Termasuk pada pihak PT. KCIC, lantaran lumpur dari proyek kereta cepat menyumbat laju air.

"Kemarin sudah disampaikan ke Pak Wagub Jabar dan Pak Bupati Bandung Barat, mereka bilang nanti akan segera memperlebar saluran mumpung banyak alat berat, tapi kepastiannya kapan itu belum tahu," bebernya.

Menurut Ghoir, banjir yang terjadi kali ini merupakan yang terparah sejak 10 tahun terakhir. "Saya pribumi di sini, rumah ini dari orangtua, jadi sudah lebih dari 40 tahun berdiri. Dan ini banjir paling parah yang pernah saya alami," bebernya.

Tiga hari pascabanjir bandang yang menerjang, warga masih berjibaku membersihkan perabotan dan bagian dalam rumah dari lumpur sisa banjir.

Terlihat kasur, lemari, dan pakain digantungkan di teras rumah untuk dikeringkan setelah dibersihkan. (SDK)

Terdampak Banjir Bandang Warga Desa Mekarsari Banjir Terparah Selama 10 Tahun Terakhir Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...