Banjir Jakarta - Pemprov DKI Klaim Telah Salurkan Bantuan ke Seluruh Pengungsi Korban Banjir

Banjir Jakarta - Pemprov DKI Klaim Telah Salurkan Bantuan ke Seluruh Pengungsi Korban Banjir
Tribunjakarta.com
Editor: Malda Teras Techno —Jumat, 3 Januari 2020 10:10 WIB

Terasjabar.id - Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah memberikan bantuan kepada seluruh pengungsi terdampak banjir di ibu kota.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M. Ridwan kepada wartawan.

Ia menyebut, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Sosial untuk menyalurkan bantuan-bantuan itu ke sejumlah titik pengungsian.

"Semua (bantuan) sudah didistribusikan oleh Dinsos dan BPBD," ucapnya, Jumat (3/1/2020).

Ia menyebut, bantuan yang paling dibutuhkan oleh para pengungsi ialah makanan siap saji, air mineral, selimut, dan pakaian.

"Dari data kami di lapangan, kebutuhan yang paling dibutuhkan itu sandang dan air bersih, serta makanan siap saji, juga air mineral," ujarnya saat dikonfirmasi.

Meski demikian, ia tidak menjelaskan secara detail berapa jumlah pengungsi yang telah menerima bantuan dari Pemprov DKI.

Ridwan mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap para korban banjir.

"Segera kami update (data korban banjir)," kata Ridwan.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, puluhan ribu warga Jakarta menjadi korban banjir di awal tahun 2020 ini.

"Hingga 2 Januari 2020 pukul 12.00 WIB, sebanyak 35.557 orang di wilayah Jakarta yang mengungsi," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo, Kamis (2/1/2020).

Perincian pengungsi akibat banjir Jakarta yakni 1.103 orang di Jakarta Barat, 2.413 orang di Jakarta Pusat, 19.089 orang di Jakarta Selatan serta di Jakarta Timur sebanyak 12.952 orang.

Tak hanya itu, BNPB juga mencatat, sebanyak 30 orang meninggal dunia akibat hujan yang menerjang Jakarta di awal tahun 2020 ini.

"Data dikumpulkan oleh BNPB dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BPBD, TNI, POLRI, dan sumber lainnya. Sampai dengan pukul 21.00 WIB jumlah korban meninggal akibat banjir adalah 30 orang," kata Agus dalam keterangan tertulis.(Tribunjakarta.com)


Banjir Jakarta Banjir 2020 Anies Baswedan Gubernur Jakarta Presiden Jokowi


Loading...