Hari Ini BPPT Lakukan Modifikasi Cuaca Kurangi Curah Hujan di Jabodetabek

Hari Ini BPPT Lakukan Modifikasi Cuaca Kurangi Curah Hujan di Jabodetabek
(Okezone News : Google)
Editor: Jajang Hot News —Jumat, 3 Januari 2020 08:39 WIB

Terasjabar.id - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan mulai hari ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknonologi (BPPT) bakal menggelar operasi teknik modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi curah hujan penyebab banjir di Jabodetabek.

"Mulai tanggal 3 Januari akan dilakukan operasi. Pagi hari dilakukan prediksi dan monitoring pertumbuhan dan pergerakan awan," ungkap Agus dalam keterangannya, Jumat (3/1/2020).Ia menjelaskan, BPPT sudah terlebih dahulu melakukan analisis peertumbuhan awan penyebab hujan di Jabodetabek. Awan-awan tersebut berasal dari sebelah barat dan barat laut Jabodetabek yaitu Selat Sunda, Lampung, dan sekiatrnya.

"Semua awan yang bergerak ke Jabodetabek dan diperkirakan akan hujan di Jabodetabek akan disemai dengan pesawat menggunakan bahan semai NaCl. Diharapkan awan jatuh sebelum memasuki Jabodetabek," katanya.Lebih jauh dia menerangkan bahwa semua persiapan untuk melakukan modifikasi cuaca agar hujan lebat tidak turun di Jabodetabek sudah berjalan maksimal.

Sejumlah pesawat siap diterbangkan."Hari ini sudah dilakukan persiapan, baik pesawat maupun peralatan lainnya serta bahan semai. Pesawat yang digunakan 1 unit Casa, 1 unit CN-295, dan (opsional) 1 unit Hercules," terang Agus, seperti dilansir dari Okezone.com.

Sebelumnya Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Tri Handoko Seto mengatakan pihaknya bakal bekerja untuk menjatuhkan awan-awan yang bergerak menuju Jabodetabek."Tentu yang kita lakukan adalah menjatuhkan awan-awan di luar wilayah Jabodetabek. Ketika masuk ke Jabodetabek, awan-awan itu kita akan jatuhkan, sehingga hujannya enggak masuk ke Jabodetabek," urainya.

BNPB BPPT modifikasi cuaca cuaca Banjir Jakarta banjir


Loading...